Program PLN Mengajar Tumbuhkan Kepedulian Pelajar Terhadap Lingkungan

oleh

SANGGAU – Dalam rangka meningkatkan kepedulian¬† anak-anak terhadap lingkungan sekitarnya, PLN Area Sanggau melaksanakan kegiatan ‘PLN Mengajar’ di SMP Negeri 3 Kuala Buayan, Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, Rabu (09/05/18).

Menurut Manajer PLN Area Sanggau, Didi Kurniawan Abuhari, kegiatan PLN Mengajar merupakan kegiatan yang diiniaiasi oleh PLN Pusat, dan dilaksanakan oleh seluruh unit-unit kerja PLN, mulai dari Kantor Wilayah/Distribusi hingga ke unit layanan setingkat Area.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan anak-anak dan membentuk budaya peduli terhadap lingkungan sekitar. Pengetahuan dasar terhadap pelestarian alam dan lingkungan sekitar harus dimulai dari anak-anak sehingga menjadi budaya dan kebiasaan dalam menjaga lingkungan sekitar,” jelas Didi.

Dikatakannya pula, materi yang disampaikan tidak hanya masalah lingkungan hidup, namun juga pengetahuan praktis seputar listrik dan aktifitas layanan kelistrikan yang dilaksanakan oleh PLN. Harapannya agar anak-anak dapat memahami bagaimana cara bijak menggunakan listrik di rumah.

“Kami berharap informasi kelistrikan yang disampaikan dapat mereka terapkan di rumah masing-masing. Terutama perilaku bijak dalam menggunakan listrik. Kita juga berharap, dengan adanya pengetahuan seputar aktifitas PLN dalam melayani masyarakat dapat menimbulkan antusiasme anak-anak di dunia kelistrikan. Kelak mereka bisa jadi Karyawan PLN, melanjutkan estafet pelayanan kelistrikan kepada masyarakat,” pungkas Didi.

Sementara menurut Anton, Kepala SMP Negeri 3 Kecamatan Meliau, kegiatan ini sangat positif dalam membentuk budaya serta perilaku anak-anak. Pengetahuan yang disampaikan pun sangat praktis dengan teknis penyampain yang sangat komunikatif sehingga anak-anak dapat dengan mudah menangkap apa yang disampaikan.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara kontinyu di sekolah-sekolah lainnya, karena materi yang diajarkan tidak didapat dalam mata pelajaran umum yang disampaikan oleh para guru di sekolah”, kata Anton.

Menurut Rudi, salah satu siswa yg hadir dalam kegiatan tersebut, kegiatan yang dilaksanakan oleh PLN sangat menarik. Banyak pengetahuan dan informasi yang disampaikan yang tentunya sangat bermanfaat.

“Saya jadi paham betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Mulai hari ini saya tidak lagi membuang sampah sembarangan karena akan berdampak buruk bagi lingkungan. Jika banyak orang yang peduli dalam menjaga lingkungan pastinya lingkungan hidup kita akan semakin baik, bersih dan sehat”, kata Rudi.
Ketika ditanya apa cita-citanya, rudi dengan
semangat menjawab,” Saya ingin menjadi Karyawan PLN yang berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat”.

Kegiatan ‘PLN Mengajar’ yang dilaksanakan oleh bagian K3L PLN Area Sanggau dan Tim sosialisasi PLN Rayon Kota Sanggau ini direncanakan akan terus berlanjut ke Sekolah-sekolah lainnya. (indra)