Pelanggan PDAM Sirin Meragun Capai 6000 Lebih

oleh

SEKADAU – Direktur PDAM Sirin Meragun, Yok Kelak, ST menyebutkan, sampai saat ini pelanggan PDAM Sirin Meragun sudah mencapai 6 ribu lebih, jumlah tersebut setiap tahun semakin bertambah.

“Hinga hari inj pelanggan PDAM Sirin Meragun mencapai 6.338 sambungan. Terdiri dari 6.208 pelanggan aktif dan 130 pelanggan pasif. Jumlah itu termasuk pelanggan di Sungai Ayak yang jumlahnya sekitar 280-an sambungan,” katanya kepada sejumlah wartawan, Rabu (09/05/18) di ruang kerjanya.

PDAM Sirin Meragun sendiri memiliki target pertumbuhan pelanggan sebanyak 1.000 sambungan per tahun. Namun, target tersebut tak melulu tercapai. Sebab sambung Yok, pertumbuhan pelanggan bergantung pada beberapa aspek, salah satunya perkembangan properti yang ada di sekadau.
Karena menurut dia, perkembangan properti sangat berpengaruh pada peningkatan pelanggan PDAM.

“Tahun lalu realisasi pertumbuhan pelanggan hanya mencapai 800-an sambungan, paling banyak di sekitar kota Sekadau,” tuturnya.

Lebih jauh Yok menyebutkan bahwa, wilayah distribusi PDAM Sirin Meragun sendiri mulai dari Desa Meragun, Nanga Taman, Rawak, Sekadau kota.
Sedangkan untuk wilayah Sungai Ayak sekitarnya menggunakan instalasi sendiri. Yakni, mengunakan air Kapuas.

Khusus wilayah kota Sekadau, jaringan distribusi meliputi wilayah pasar, komplek pasar baru, arah jalan Sanggau hingga kantor Samsat, dan jalur Sintang hingga komplek kantor Bupati,katanya

Ia menambahkan, pihaknya masih belum berencana untuk memperluas jaringan distribusi. Untuk saat ini, fokusnya ada pada penambahan dan pembenahan jaringan yang lama.

“Penambahan jaringan lama sudah mencapai sekitar 12 kilometer. Misalnya penambahan jaringan di dalam gang-gang. Khusus untuk wilayah pasar Nanga Taman, rencananya akan kita remajakan jaringannya,” tutur Yok.

Untuk menjaga kualitas air, PDAM Sirin Meragun melakukan uji laboratorium secara rutin tiap tiga bulan sekali.

“Pengujian air dilakukan guna menjaga kwalitaa air, sehinga kita apabila ada pencemaran kuta segera tahu. Tempat uji lab kita kerjasama dengan Sucofindo di Pontianak,” terang Yok. (sutarjo)