Sanggau Tuan Rumah GTK Paud dan Dikmas

oleh

SANGGAU – Kabupaten Sanggau dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan apresiasi Guru Taman Kanak-Kanak Pendidikan Anak Usia Dini (GTK PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) tingkat Provinsi Kalbar yang berlangsung dari tanggal 08-10 Mei 2018.

Acara pembukaan dipusatkan di halaman Pemda Sanggau, Selasa (08/05/18). Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sanggau menargetkan juara umum dalam perhelatan tersebut.

“Kita berharap Sanggau akan juara umum, karena sudah kita siapkan dengan matang. Kita juga maksimalkan guru-guru kita dan para pengelola kursus untuk mempersiapkan dirinya,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono ditemui usai pembukaan, Selasa (08/05/18).

Dalam acara tersebut mempertandingkan tujuh jenis perlombaan yaitu: Lomba guru kelompok bermain, lomba Pengelolaan kelompok bermain, lomba instruktur kursus komputer, lomba instruktur kursus dan tata kecantikan, lomba tata rias pengantin, lomba kursus tata busana, lomba instruktur otomotif teknik sepeda motor, lomba pengelola lembaga khusus dan pelatihan, lomba pamong belajar dan sanggar kegiatan belajar, lomba penilik pendidikan masyarakat, lomba pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), lomba pengelolaan taman bacaan masyarakat, lomba tutor paket A B dan C, lomba tutor pendidikan keaksaraan dan lomba kepala sanggar kegiatan belajar (SKB).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Suprianus Herman mengatakan, ajang tersebut merupakan ajang penilaian terhadap para guru TK/PAUD dan Dikmas.

“Jadi ini khusus untuk guru-gurunya. Untuk Dikmas, ini adalah pendidikan non formal, contoh bengkel dan sebagainya. Ini juga guru-gurunya akan kita nilai. Di situ ada bengkel, komputer, tata rias, dan sebagainya. Jadi hari ini kita lombakan untuk guru-guru se-Kalimantan Barat yang nantinya juara I, II dan III akan kita bawa ke tingkat nasional, yang juga diselenggarakan di Kalbar,” ujar dia.

Suprianus menambahkan, momen tahun ini akan dilakukan terus menerus. Dipilihnya Kabupaten Sanggau sebagia tuan rumah lantaran kesiapannya.

“Tahun depan Singkawang siap. Tahun lalu di Ketapang. Kebetulan mereka juara,” tukasnya.

Ia berharap melalui even ini memperoleh jebolan-jebolan pendidikan masyarakat yang lebih berkualitas, lebih diperbanyak untuk membuka lapangan kerja, sehingga meningkatkan perekonomian Kalbar umumnya.

“Kemudian untuk anak-anak di bawah pendidikan dasar, ditanamkan karakter dan nilai-nilai, sehingga ketika masuk ke pendidikan dasar dan menengah, mereka sudah punya karakter, sehingga mampu mengahadapi tantangan zaman,” tuturnya. (indra)