Karolin Akan Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

oleh
Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa saat berdialog dengan warga. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Cagub Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa mengungkapkan komitmennya terhadap para penyandang disabilitas khususnya di Kalbar. Bahkan dirinya pun mengungkapkan jika ia pernah memperjuangkan penyandang disabilitas ketika menjadi Anggota DPR RI.

“Saat saya masih di DPR-RI, saya pernah memperjuangkan atlet-atlet disabilitas yang mendapat honor di bawah standar, upaya saya saat itu berhasil mendorong agar mereka mendapatkan peningkatan penghasilan. Kedepannya jika saya menjadi gubernur, para atlet disabilitas di Kalimantan Barat juga akan mendapatkan penghasilan yang setara dengan atlet lainnya,” ungkap Karolin, di Pontianak, Selasa (08/05/18).

Menurutnya pula, para penyandang disabilitas juga adalah warga negara, maka memiliki hak yang sama dengan seluruh masyarakat, baik itu terkait pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja, akses fasilitas publik dan lain-lain.

“Akan kita perjuangkan supaya mereka mendapatkan haknya sesuai dengan amanat undang-undang yang tertuang dalam UU no 4 tahun 1997 yaitu perusahaan negara dan swasta memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penyandang cacat atau disabilitas,” terangnya.

Untuk itu, hal ini, kata dia, harus disertai dengan fasilitas umum yang dapat di akses oleh penyandang cacat atau disabilitas supaya menunjang aktifitas dan produktifitasnya.

“Sebagai gubernur nanti saya akan mendorong terwujudnya dukungan fasilitas ini di Kalimantan Barat termasuk mendirikan panti rehabilitasi. ini bagian dari kepedulian dan keberpihan pada disabilitas, pembangunan tidak boleh diskriminatif,” pungkasnya. (**)