Ini Jumlah DPT yang Ditetapkan KPU Barut

oleh

MUARA TEWEH – Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan dalam pemilukada tahun 2018 pada 27 Juni mendatang, sudah dirilis oleh penyelenggara pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Utara, H. Alamsyah didampingi para anggota,  Selasa (08/05/18) mengatakan,  DPT yang akan digunakan untuk pilkada berjumlah 95.521 pemilih. Dari jumlah tersebut diantaranya 49.487 pemilih laki laki dan 46.034 adalah perempuan.

Menurut Alamsyah, nantinya jumlah seluruhnya akan digunakan untuk sembilan Kecamatan, sepuluh kelurahan dan sembilan puluh tiga desa yang akan serentak melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil.

Alamsyah menambahkan, jumlah DPT yang ditetapkan juga berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, dimana masyarakat yang sudah terdaftar melalui wilayah masing masing.

Berdasarkan data tersebut kata dia, bila dibandingkan dengan pemilihan gubernur lalu sangat berbeda, dimana untuk Barito Utara berjumlah 115.993 pemilih.

“Data tersebut memang lebih banyak bila dibandingkan dengan saat ini. Hal ini karena untuk pemilihan gubernur dengan memiliki kartu tanda penduduk Kalimantan Tengah, sudah bisa menggunakan hak pilih,” ungkapnya.

Demikian juga dengan pilkada Barito Utara, khususnya yang sudah mempunyai kartu tanda penduduk, bisa menggunakan hak pilihnya juga. Selain itu juga sudah ada sokit.

“Jadi yang bisa menggunakan hak pilih hanya warga Barut,  tentu saja yang sudah terdaftar dan juga ada kartu tanda penduduk asli warga Barut,” tandas Alamsyah. (bani)