Sekda Buka BBGRM di Bukit Sawit

oleh

BARITO UTARA – Mewakili Pjs Bupati Barito Utara, Sekretaris Daerah (Sekda) Barito Utara, Ir H Jainal Abidin MAP membuka secara resmi kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 15, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKGP-KK) ke 46, Hari Keluarga Nasional (HKN) ke 25 Tingkat Kabupaten Barito Utara di Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Tengah, Senin (07/05/18).

“Peringatan ini selalu kita selenggarakan setiap tahun sebagai upaya untuk menggalakkan semangat gotong royong masyarakat, dalam membangun daerah, sebagai bagian yang penting dalam pembangunan nasional yang perlu terus kita tingkatkan, terutama melalui pengembangan SDM sebagai modal utama pembangunan bangsa kita,” kata Sekda H Jainal Abidin membacakan sambutan Pjs Bupati.

Dikatakannya, pencanangan ini sebagai tanda dimulainya bulan bhakti gotong royong masyarakat yang berlangsung selama satu bulan penuh, pada bulan Mei tahun 2018 yang dilaksanakan di semua desa dan kelurahan di Kabupaten Barito Utara, sekaligus untuk memperingati hari kesatauan gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional.

Tema nasional BBGRM tahun ini adalah “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat,  Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa’’.

Melalui sub temanya yaitu “Dengan Semangat Pancasila dan Falsafah Huma Betang, Kita Tingkatkan Peran serta Masyarakat Dalam Percepatan Pembagunan Daerah Kabupaten Barito Utara” dan Tema Hari Keluarga Adalah “Hari Keluarga Hari Kita Semua” Dengan Sub Tema “Cinta Keluarga, Cinta Yang Terencana”.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat harus memanfaatkan moment besar ini dengan menggalang kebersamaan sejak dari keluarga, masyarakat hingga bangsa indonesia. Masyarakat harus sadar bahwa kekuatan bangsa dan negara terletak pada ketahanan masing-masing keluarga, keluarga adalah cermin kekuatan masyarakat, bangsa dan negara oleh sebab itu patut dijaga, dipelihara dan ditingkatkan kualitasnya.

“Untuk itu saya mengajak setiap orang tua agar dapat membangun keluarganya sebagai pilar pembangunan yang kokoh, agar bangsa Indonesia dan wilayah kita Kabupaten Barito Utara khususnya, semakin mantap melangkah menuju hari esok yang sejahtera dan bermatabat dimata dunia,” kata Sekda H Jainal Abidin.

Semangat kebersamaan dan kegotong-royongan yang telah mengakar dan melembaga dalam kehidupan masyarakat, menjadikan masyarakat hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan dengan suasana kekeluargaan.

“Hal ini patut dikembangkan dan didayagunakan sebagai nilai-nilai pembangunan dalam rangka penguatanintegritas sosial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan memperkuat NKRI yang harus tetap dikembangkan dan dilestarikan melalui kegiatan BGGRM ini,” pungkasnya. (bani)