Rusman Ali Apresiasi Lomba Sampan di Teluk Pakedai

oleh

KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali sangat mengapresiasi kegiatan maayarakat di Sungai Pulau. Dalam kegiatan Tolak Bala di Sungai Pulau, juga diisi dengan lomba sampan bidar. Yang menarik kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh kelompok pria, akan tetapi ada juga kelompok wanita.

Rusman Ali mengatakan Teluk Pakedai sebagai daerah perairan, tentu semua warga pasti dapat mengayuh sampan termsuk ibu-ibu. Sebab sampan masih menjadi transportasi utama masyarakat untuk bepergian keladang dan kebun.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini terus dikembangkan dan dilestarikan. Jika biasanya sampan untuk transportasi masyarakat menuju kebun dan ladang. Kali ini lombakan, sehingga menjadi sebua hiburan kepada masyarakat,” terang Rusman Ali.

Dikatakan Rusman Ali, dalam kegiatan seperti itu, ekonomi maayarakat juga berputar. Sebab banyak ibu-ibu berjualan makanan dan minuman serta berjualan berbagai barang-barang kebutuhan warga selama kegiatan berlangsung.

Atraksi lomba sampan menyajikan pertunjukan dan tontonan menarik bagi warga. Dilain sisi, terbangun silaturahmi diantara maayarakat. Sebab yang hadir tidak hanya maayarakat setempat, masyarakat dari desa yang lain juga turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut.

“Yang paling penting adalah, bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Menang kalah adalah hal yang lumrah. Yang terpenting adalah agar tetap saling hormat menghormati dan saling menghargai satu sama lain,” pinta Rusman Ali. (adi)