Persiapkan, Senin Depan Mulai Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018

oleh
Penerima LPDP berfoto bersama. Foto : Humas Kementerian Keuangan

JAKARTA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali membuka program beasiswa magister dan doktoral dalam dan luar negeri untuk periode seleksi tahun 2018.

Adapun kuota beasiswa LPDP yang disediakan pda 2018 ini adalah 4.000 penerima.

Dalam pengumuman yang disampaikan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan kemarin disebutkan, program beasiswa yang dibuka kali ini antara lain adalah: 1. Beasiswa Reguler; 2. Beasiswa Disertasi; 3. Beasiswa Dokter Spesialis; 4. Beasiswa Afirmasi; 5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI); dan 6. Program Co Funding.

Beasiswa Afirmasi itu meliputi: a. Beasiswa Daerah Tertinggal; b. Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi; c. Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera; d. Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Kegamaan; e. Beasiswa Penyandang Disabilitas; f. Beasiswa PNS/TNI/Polri; g. Beasiswa Santri; dan h. Beasiswa Prestasi Olimpiade bidang Sains, Teknologi, dan Ketrampulan/Talent Scouting.

“Harap diperhatikan bahwa pendaftar yang lulus seleksi di tahun 2018 dapat memulai perkuliahan di tahun 2019, dan tidak ada opsi pindah perguruan tinggi setelah submit dokumen dan lulus LPDP,” bunyi pengumuman itu.

Disebutkan dalam pengumuman itu, bahwa mulai tahun 2018 ini LPDP membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding. Jika memilih mekanisme ini, menurut pengumuman itu, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya denga LPDP (sharing cost), dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak beasiswa bagi putera-puteri terbaik bangsa yang lain.

“Seluruh proses pendaftaran (unggah dokumen) dilakukan secara online melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id,” bunyi pengumuman LPDP itu.

Kategori Seleksi dan Pendaftaran

Menurut pengumuman itu, ada dua kategori tahapan seleksi beasiswa, yaitu: 1. Kategori beasiswa reguler, Afirmasi Daerah 3T, Alumni Bidikmisi Berprestasi, Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera, serta Prestasi, Olahraga, Seni, Kebudayaan dan Keagamaan: a. Pendaftaran pada website LPDP; b. Seleksi Administrasi; c. Seleksi Berbasis Komputer; dan d. Seleksi Subtansi.

2. Kategori Beasiswa PNS/TNI/Polri, Beasiswa Santri, dan Beasiswa Prestasi Olimpiade bidang Sains, Teknologi, dan Ketrampilan/Talent Scouting: a. Pendaftaran; b.Seleksi atau pengusulan oleh Kementerian/Lembaga/Pemda; c. Pendaftaran pada website LPDP; d. Seleksi Administrasi; e. Seleksi Berbasis Komputer; dan f. Seleksi Subtansi.

Adapun tanggal-tanggal penting terkait proses seleksi beasiswa LPDP tahun 2018 adalah:

Tahap I: Dalam Negeri (Program Beasiswa Reguler, Beasiswa Dokter Spesialis, dan Beasiswa Afirmasi, kecuali Beasiswa Santri dan Beasiswa BUDI).

1.Pembukaan Pendaftaran, 7 Mei 2018

2.Submit Dokumen, 7 Mei – 8 Juni 2018

3.Penutupan Pendaftaran, 8 Juni 2018

4.Penetapan hasil seleksi administrasi, 29 Juni 2018

5.Seleksi Berbasis Komputer, 9-25 Juli 2018

6.Penetapan hasil seleksi Berbasis Komputer  31 Juli 2018

7.Seleksi Subtansi, 13 Agustus-7 September 2018

 

8.Pengumuman hasil seleksi subtansi, 14 September 2018.

Tahap II: Luar Negeri (Program Beasiswa Reguler, dan semua Beasiswa Afirmasi Santri, perguruan tinggi tujuan dalam negeri dan luar negeri).

1.Pembukaan Pendaftaran, 2 Juli 2018

2.Submit dokumen, 2 Juli- 21 September 2018

3.Penutupan Pendaftaran, 21 September 2018

4.Penetapan hasil seleksi administrasi, 12 Oktober 2018

5.Seleksi Berbasis Komputer 22 Oktober 2018 (Humas Kementerian Keuangan)