Sekolah Unggulan, Kado Hardiknas Karolin-Gidot untuk Pelajar di Kalbar

oleh
Calon Gubernur Kalba, dr. Karolin Margret Natasa saat berdialog dengan warga di Sintang. Foto : Istimewa

SINTANG – Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa memiliki cita-cita membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kalbar hebat dan mumpuni. Pada peringatan hari Pendidikan Nasional, 2 Mei tahun ini, Karolin yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Kalbar Suryadman Gidot, menyiapkan kado istimewa untuk dunia pendidikan. yaitu program sekolah unggulan tingkat SMA/SMK.

“Ini menjadi komitmen kami berdua untuk meningkatkan kualitas SDM kita yang memiliki daya saing serta mampu membawa perubahan bagi Kalbar ke depan,” kata Karolin di Sintang, Selasa (01/05/18).

Karolin menjelaskan, sekolah unggulan dipandang sebagai satu diantara alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM. Sekolah unggulan ini nantinya, akan melahirkan manusia-manusia unggul yang amat berguna untuk membangun daerah ini.

“Tidak dapat dipungkiri setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi manusia unggul. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah unggulan yang terus meningkat pada setiap tahun ajaran baru,” tuturnya.

Menurut Karolin, apabila karakter unggul ini menjadi budaya sekolah, maka pada gilirannya mampu mengkonstruksi mentalitas komunitas sekolah untuk bekerja keras, disiplin, profesional, akuntabel, dan mandiri.

Konstruksi mentalitas unggul seperti ini selaras dengan nafas otonomi dan kebijakan desentrlisasi pendidikan yang memberi peluang kepada para pengelola manajemen sekolah untuk  melakukan gerakan inovatif dalam rangka memberdayakan diri dan komunitasnya secara kreatif dan dinamis sesuai dengan kondisi dan nilai-nilai lokal, nasional, dan perkembangan global.

“Terobosan dan inovasi ini diperlukan untuk menanggapi kebutuhan peserta didik sekolah yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa sekaligus mengeliminasi strategi pendidikan massal. Sebagaimana yang terjadi selama ini yang memberikan perlakuan dan pelayanan yang sama kepada semua peserta didik tanpa memperhatikan perbedaan kecakapan, minat, dan bakatnya,” sambung Karolin.

Karena itu, angota DPR RI dua periode itu mengatakan, kedepan, pihaknya akan membuat sekolah unggulan disetiap kabupaten untuk meningkatkan daya saing dan kualitas dari pelajar yang ada di Kalbar.

“Kita tidak membangun sekolah baru, namun kita akan menunjuk sekolah yang sudah ada yang memenuhi syarat untuk menjadi sekolah unggulan disetiap kabupaten,” pungkasnya. (**)