Perumahan di Muara Teweh Terendam Banjir

oleh

MUARA TEWEH – Hujan yang melanda Kota Muara Teweh, Rabu (02/05/18) dini hari kembali merendam sejumlah perumahan di wilayah jalan Ronggolawe. Namun rumah yang terendam tidak separah pada kejadian beberapa hari lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Utara, Gazali Mantalatua mengatakan, belasan rumah yang terendam di wilayah Ronggolawe sudah reda.

“Hal ini karena air cepat surut,” tuturnya.

Menurutnya, banjir yang melanda wilayah Ronggolawe memang kerap terjadi. Ini disebabkan karena hujan lebat terjadi di wilayah sekitar. Sementara sungai tidak mampu menampung air hujan. Sehingga bila hujan lebat hingga beberapa jam, maka air akan merendam perumahan warga.

Dijelaskannya, banjir juga terjadi beberapa hari lalu di tempat yang sama. Dimana kedalaman air lebih meningkat bila dibandingkan hari ini. Namun kata dia,  pihaknya langsung turun ke lokasi untuk membantu warga yang tertimpa banjir.

“Beberapa hari sebelumnya memang kota Muara Teweh dilanda banjir dengan merendam ribuan rumah warga. Namun saat ini sebagian perumahan juga sudah mulai mengering,” ungkapnya.

Dengan mulai surutnya air pasca banjir,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah, telah menerjunkan beberapa tim kesehatan. Nantinya tim, akan melakukan pemeriksaan di wilayah bekas banjir,  khususnya untuk perkotaan.

“Pasca banjir hari ini, kita telah menurunkan beberapa orang dari tim kesehatan guna memeriksa warga yang sakit,” kata Gazali Mantalatua.

Tim kesehatan akan mendata warga yang tempat tinggalnya terendam banjir. Dan langsung melakukan pemeriksaan.

“Dengan diturunkannya tim kesehatan,  maka ini akan membantu warga. Dan biasanya pasca banjir, ada gejala yang ditimbulkan misalnya gatal gatal dan lainnya,” pungkasnya. (bani)