Setiap Wilayah di Kalbar Harus Miliki Pos SAR

oleh

PONTIANAK – Luasnya wilayah Kalimantan Barat, mengharuskan adanya Pos SAR di setiap wilayah Kabupaten yang ada. Sehingga apabila ada bencana, SAR tersebut dapat ke lokasi dengan cepat melakukan evakuasi

Keberadaan SAR juga diperlukan dalam menjaga wilayah daratan dan perairan. Menginggat luasnya wilayah Kalimantan Barat,

“Adalah bagaimana mereka dapat sampai ke lokasi kecelakaan secepat mungkin. Sehingga mereka bisa melakukan pertolongan pertama apabila ada yang masih bisa diselamatkan,” ujar Wakil Ketua DPR RI, Lasarus.

Jika kecelakaan terjadi di luar Kota Pontianak, maka hal tersebut sangat memakan waktu untuk dilakukan penyelamatan oleh SAR Pontianak.

Memang, adanya Pos SAR di Sintang dan Kabupaten lainnya sangat dibutuhkan. Ia juga menambahkan, dirinya termasuk yang memperjuangkan supaya Pos SAR Sintang dapat segera terwujud.

Mengingat jauhnya antar wilayah, bahwa tenaga SAR ini harus menyebar dititik titik tertentu. Sehingga dalam menjangkau wilayah wilayah tersebut, tidak memakan waktu lama.

Apalagi kata Lasarus, jumlah fasilitas dan tenaga di SAR terbatas dan minim, sehingga tidak logis kalau SAR hanya ada di Pontianak.

“Ini menjadi konsen kita, untuk penambahan baik peralatan maupun Pos dan tenaga SAR setiap tahun sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya secara wajar dan pantas dalam
mengawal seluruh daratan maupun pantai yang ada di Kalbar ini,” pungkasnya. (jon)