Seniman dan Nelayan di Sambas Komitmen Dukung Karolin-Gidot

oleh
Calon Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, Suryadman Gidot saat bersama warga di Sambas. Foto : Istimewa

SAMBAS – Masyarakat nelayan dan para seniman di Kabupaten Sambas memberikan dukungan dan siap memenangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot.

Komitmen itu disampaikan Nelayan dan Seniman di Sambas, karena sosok Karoli-Gidot dianggap paling mumpuni memimpin Kalbar dan diterima semua kalangan.

“Insya Allah pasangan Karolin-Gidot menang di Pilkada Kalbar. Saya dan para seniman di Sambas siap mendukung mereka dan akan selalu tampil diacara kampanye Karolin-Gidot,” tandas Mat Ronggos, seorang insan perfilman di Kabupaten Sambas, saat menghadiri kampanye dialogis pasangan Karolin-Gidot, Senin (30/04/18).

Sebagai pelaku seni, Mat Ronggos dan kawan-kawan menginginkan pasangan Karolin-Gidot membuat program yang menyentuh langsung kalangan seniman, yang karya seninya sering menjadi korban pembajakan.

“Saya hanya titip pesan kepada Ibu Karolin dan Pak Gidot, agar menghentikan upaya pembajakan, baik lewat youtube maupun kaset. Selain itu, kami juga minta pemerintah daerah hadir, serta mau membantu kesulitan para seniman lokal,” ujarnya.

Dibagian lain, Jannah seorang pengrajin ikan asin asal Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, menaruh perhatian khusus pada pasangan Karolin-Gidot.

Jannah mengaku, jika Gubernur Kalbar itu perempuan seperti Karolin, maka Dia akan punya kebijakan yang berpihak pada kaum perempuan di Kalbar.

Selain itu, Jannah, mewakili ibu-ibu pengrajin ikan asin, meminta agar Karolin-Gidot memperhatikan mereka serta suami mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

“Kami minta perhatiannya, khususnya pengrajin ikan asin dan nelayan. Supaya dapat bantuan, untuk ngerjakan ikan asin, jadi hasilnya bisa buat biaya sekolah dan keperluan lain,” ucap Jannah, dengan ucapan khas Melayu Sambasnya.

Mendapat dukungan dari dua kelompok masyarakat yang berbeda profesi yaitu Nelayan dan Seniman, calon Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, Suryadman Gidot, mangaku bangga dan siap menindaklanjuti semua keluhan mereka.

“Untuk para nelayan kita sudah siapkan ‘kartu jala’, manfaatnya untuk mempermudah nelayan dapat bantuan, sekaligus mengatasi kesulitan nelayan misalnya saat mendapat musibah atau kesulitan modal. Sedangkan komitmen untuk para seniman, kita tentunya akan menolak keras pembajakan karya seni. Itu sudah jelas, melanggar hukum, kami juga siap berkomitmen memberikan bantuan yang dibutuhkan para seniman di Kalbar,” pungkas Gidot. (**)