Komisi V DPR RI Kunjungi Kalbar, Ini Tujuannya

oleh

PONTIANAK – Jajaran Komisi V yang dipimpin wakil Ketua DPR RI, Lasarus dan anggota DPR RI lainnya dapil Kalbar, Sy Abdullah Alqadrie, Senin (30/05/18) memantau pembangunan nasional yang pendanaanya melalui dana APBN di Kalbar.

Tujuan komisi V ke Kalbar adalah memastikan seluruh program pemerintah berjalan dengan baik.

“Manakala ada hambatan, tentu harus dikoordinasikan dengan Kementerian yang mewakili presiden dalam pelaksanaan pembangunan sehari hari. Ini akan kami tindak lanjuti lagi dengan rapat rapat kerja di DPR RI,” ungkap Wakil Ketua DPR RI, Lasarus kepada wartawan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Lasarus memaparkan bahwa, seperti masalah lahan untuk jalan paralel perbatasan ini yang masih terkendala dengan lahan hutan lindung maupun taman nasional yang belum disetujui alih fungsi oleh DPR RI.

Karena berada bidang di komisi IV kata Lasarus, maka pihaknya akan berkoordinasi terkait alih lahan sehingga tidak menganggu proses pembangunan di Kalimantan Barat.

Persoalan lainnya lanjut dia, masalah pelabuhan Padang Tikar Kubu Raya dan Pelabuhan Kuala Mempawah Kabupaten Mempawah dan pelabuhan Sedau Kota Singkawang. Belumnya dioperasikan karena tidak adanya akses badan jalan dari dan ke pelabuhan tersebut.

Pelabuhan Padang Tikar dan Pelabuhan Kuala Mempawah, sudah diaudit oleh Inspektorat Kementerian Perhubungan.

“Masalahnya Pelabuhan Padang Tikar tidak ada akses badan jalan, untuk Pelabuhan Kuala Mempawah juga akibat sedimentasi cukup tinggi hingga belum dioperasikan,” paparnya.

Ia menduga, kendala awalnya adalah masalah studi kelayakan, tentang penempatan pelabuhan tersebut yang kurang matang di Kementerian.

Karena sudah melalui proses studi kelayakan oleh Pemerintah namun tidak berfugsi kata dia, ini menjadi temuan yang akan pihaknya tindak lanjuti hasil dari pengawasan di lapangan.

Tujuan pengawasan ini kata di, supaya kedepannya pembangunan yang sudah dilaksanakan ini bisa berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat. (jon)