Asian Games 2018 Tanggung Jawab Seluruh Masyarakat

oleh
Suasana Forum Tematik Bakohumas yang digelar Kemensetneg, di GBK, Jakarta. Foto : Istimewa

JAKARTA – Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama mengatakan, perhelatan pesta olahraga negara-negara Asia atau Asian Games XVIII Tahun 2018, yang akan digelar Agustus mendatang di Jakarta, Palembang, Bekasi, dan Banten sekarang ini sudah saatnya lebih dipublikasikan.

“Penyelenggaraan Asian Games 2018 ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat,” kata Setya Utama saat memberikan sambutan pada forum tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), di Gedung Olahraga Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (30/04/18) siang.

Ia menyebutkan,  ada 3 (tiga) target sukses dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 yakni, pertama, sarana dan prasarana. Kedua, sukses penyelenggaraan termasuk opening dan closing ceremony,  serta ketiga sukses prestasi.

Sukses Sarana Prasarana

Saat sesi diskusi, Direktur Badan Pengelola GBK Winarto menyampaikan bahwa sukses infratruktur sudah ada di tangan.

Ia menyampaikan, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, hingga kini sudah diselenggarakan 11 kali even olahraga di GBK.

Usai Asian Games, Winarto berharap GBK akan berfungsi seperti halnya saat diselenggarakan Asian Games.

“Seluruh venue di GBK sudah selesai tahun 2017 dan sengaja digunakan sebagai fungsi percobaan serta turnamen event yang diselenggarakan oleh Inasgoc,” ujar Winarto seraya menambahkan bahwa di GBK dilenggkapi lampu berkekuatan 3.000 lux.

Sementara terkait kesiapan Wisma Atlet, Direktur Pemberdayaan Kawasan Kemayoran, Cecep Ferdy Firdaus Nugraha, menyampaikan bahwa wisma tersebut siap digunakan untuk Asian Games dan Asian Paragames 2018.

“Untuk keamanan makanan, Pengelola Kemayoran telah melakukan kerja sama dengan BPOM mensertifikasi makanan yang dijual di warung sekitar Kemayoran,” tambah Ferdy.

Sosialisasi wisma atlet, lanjut Ferdy, telah dilakukan dengan mengundang para mitra, masyarakat dan stakeholder untuk menyampaikan dan program.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama, Direktu Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Badan Pengelola GBK Winarto, Direktur Pemberdayaan Kawasan Kemayoran Cecep Ferdy Firdaus Nugraha, Sekretaris Wakil Sekjen Inasgoc Dendi Damiyanto, Direktur Kemitraan Komunikasi Dedet Surya Dandika, Asdep Humas dan Protokol Setkab Al Furkon Setiawan, dan Asdep Humas Kemensetneg Masrokhan serta perwakilan humas kementerian/lembaga dan TNI/Polri (Humas Sekretariat Kabinet)