TNI AU Tolak Tanahnya Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah

oleh
Komandan Lanud HAD, Letkol Pnb Erick Rofiq saat menegur agar pegawai Dinas LH Singkawang tidak menjadikan tanah milik TNI AU sebagai TPS. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Komandan Lanud Harry Hadisoemantri (HAD), Letkol Pnb Erick Rofiq Nurdin menyayangkan sikap Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang, yang menjadikan tanah milik Angkatan Udara (AU) yang berada  di Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah dijadikan sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kekesalan tersebut diungkapkan saat petugas Dinas Lingkungan Hidup sedang mensosialisasikan dan memasang plang imbauan tentang jadwal pembuangan sampah, di lokasi tersebut, Senin (30/04/18).

“Tolong jangan dipasang. Itu apa.! Ini tanah milik TNI AU, jangan di pasang,” ungkap  Letkol  Pnb Erick Rofiq.

Dirinya mengatakan, TNI AU belum pernah membuat aturan tanah milik TNI AU dijadikan TPS. Terlebih tanah disekitar lokasi yang tak jauh dari Rumah Makan Perahu ada wacana akan dijadikan mess dan sebagainya.

“Sebelumnya, pada tahun lalu kita juga sudah melayangkan surat kalau tanah ini sudah dijadikan sebagai TPS. Warga sekitar sebenarnya tidak setuju juga akan hal ini,” ujarnya.

Sekali lagi Dia menegaskan, jika TNI AU tidak pernah memerintahkan kalau lokasi ini akan dijadikan sebagai TPS.

Sehingga, dalam waktu dekat dirinya akan mengirimkan surat kembali ke Dinas Lingkungan Hidup Singkawang untuk betul-betul ditinjaklanjuti.

Dirinya mengatakan dan memaklumi, bahwa surat yang dilayangkan sebelumnya tidak ditindaklanjuti dikarenakan ada peralihan (perampingan) dinas dari kebersihan ke lingkungan hidup.

“Kita bisa memaklumi hal itu,” ungkapnya.

Dia pun berharap, setelah pengiriman surat yang kedua kalinya ada solusi terbaik dari Dinas Lingkungan Hidup, untuk tidak menggunakan tanah milik TNI AU menjadi TPS.

“Kita berharap TPS ini dapat dipindah, karena kita akan merawat dan menjaga tanah ini, mengingat ada wacana strategis kami bahwa akan ada pembangunan-pembangunan di tanah ini,” jelasnya. (Mizar)