Kunjungan Yandi Disambut Antusias, Ini Harapan Pedagang Pasar di Gang Bunga

oleh
Calon Wakil Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Yandi saat berdialog dengan pedagang pasar di Gang Bunga. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Kedatangan pasangan calon Wakil Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Yandi ke pasar pagi di Gang Bunga, Jalan Merdeka Barat, Pontianak, Senin (30/04/18) disambut antusias oleh seluruh pedagang yang berjualan di pasar itu.

Sebagian besar pedagang, yang berada di pasar itu berharap agar apabila pasangan calon Harry Adryanto-Yandi terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak lima tahun kedepan dapat membangun infrastruktur jalan dan menata kawasan pasar pagi yang berada di Gang Bunga ini.

Marlina, seorang pedagang sayur yang sudah bertahun-tahun berjualan disitu, menyampaikan kepada calon Wakil Wali Kota Pontianak, Yandi, bahwa selama ini Pemerintah Kota Pontianak tidak pernah memperhatikan kondisi pasar tempatnya berjualan.

“Sampai saat ini, jalan di pasar bunga ini, tidak pernah diperhatikan, padahal jalannya sudah rusak, dan pasar pun tidak tertata dengan baik,” ujarnya.

Saat berkampanye dahulu, lanjutnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak yang terpilih, pernah datang ke pasar ini, untuk mengambil simpati masyarakat dengan berjanji akan membangun jalan dan menata pasar ini, namun setelah terpilih, pasangan ini lupa dengan janji yang disampaikannya.

“Kami pedagang disini, sudah bosan Pak.! dengan janji-janji yang disampaikan oleh pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak,” ¬†tegasnya.

Sedangkan, Imran, pedagang daging mengungkapkan, selama ini Pemerintah Kota Pontianak, tidak pernah peduli dengan pedagang disini, karena pemerintah belum pernah memberikan bantuan modal pinjaman kepada pedagang pasar.

“Pedagang disini rata-rata berjualan dengan modal sendiri, dan jika mengajukan pinjaman kepada pemerintah, prosesnya sangat sulit,” ujarnya.

Ia berharap kepada pasangan Harry Adryanto-Yandi apabila terpilih nantinya menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak agar peduli dengan nasib pedagang yang berjualan di pasar ini.

Menanggapi hal itu, calon Wakil Wali Kota Pontianak mengatakan, bahwa bila terpilih nantinya, pemerintahannya akan menata dengan baik seluruh kawasan pasar yang berada di Kota Pontianak, sehingga pasar yang telah dibangun oleh pemerintah sebelumnya, benar-benar dapat difungsikan secara maksimal.

“Kami sudah menyiapkan perencanaan yang matang untuk menata kelola dengan baik seluruh pasar di Pontianak, dan nantinya kami pun berencana akan membangun infrastruktur jalan disekitar pasar secara bertahap,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam pemerintahannya nanti, akan memberikan kemudahan  untuk mengucurkan dana pinjaman modal bagi pelaku usaha kecil menengah maupun pedagang.

“Saat pemerintahan Saya dengan Pak Harry nantinya, Kami akan membentuk satuan khusus di 29 Kelurahan di Pontianak, yang khusus menangani persoalan pelaku usaha kecil menengah dan pedagang,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya satuan khusus ini, berfungsi untuk menyerap aspirasi pelaku usaha kecil menengah dan pedagang kecil yang ada di Kota Pontianak.

Dalam hal ini, dilanjutkannya, program prioritas pasangan Harry Adryanto-Yandi adalah mensejahterakan perekonomian masyarakat di Pontianak, oleh karena itu nantinya akan ada pembinaan terhadap pelaku usaha kecil menengah dan pedagang. (rilis)