Begini Penjelasan Dinas LH Terkait Tanah Milik TNI AU yang Dijadikan TPS

oleh
Komandan Lanud HAD, Letkol Pnb Erick Rofiq saat menegur agar pegawai Dinas LH Singkawang tidak menjadikan tanah milik TNI AU sebagai TPS. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Terkait penolakan TPS Yang dibangun ditanah milik TNI AU yang berada di Jalan U Dahlan M Suka, Kelurahan Condong, Singkawang.

Kasi pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang, Meyta puspitasari mengatakan, bahwa sepengetahuannya, pembangunan TPS yang berada di tanah milik TNI AU dibangun dari tahun 2004.

“Saat itu masih dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada saat membangun TPS, terlebih dahulu meminta persetujuan dari warga, dan secara kebetulan beberapa rumah yang ada disekitar TPS ini merupakan rumah pegawai Dinas Lingkungan Hidup Singkawang.

“Mungkin saat dimintai persetujuan bapak itu (pegawai LH) tidak ada. Lagi sekolah. Mungkin tidak diminta persetujuan,” jelasnya.

Ia mengaku tidak bisa memberikan keputusan terkait penolakan tersebut, dan akan memberikan laporan kepada Kadis Lingkungan Hidup.

“Keputusan kita serahkan kepada Kadis, namun seperti yang dikatakan pihak TNI AU akan melakukan penutupan. Ya itu kita sambut baik. Namun kita harapkan agar ada pengawasan dari pihak TNI AU, agar TPS tetap terjaga,” pintanya.

Dirinya mengatakan, meski telah ditutup, pihaknya tidak akan berhenti mengangkut sampah dilokasi tersebut.

“Ini tidak bisa distop langsung. Pasti ada warga yang membuang sampah disekitar. Namun pihak dinas kebersihan tetap mengangkut sampah hingga bersih benar nantinya,” pungkasnya. (mizar)