Sisihkan Gaji, Polisi Ini Bangun WC Surau Al Jabar

oleh

SANGGAU – Sosok Kepala Unit (Kanit) Sabhara Polsek Tayan Hilir, Brigadir Kepala (Bripka) Toni Kuswoyo, dikenal sebagai abdi negara yang cukup religius oleh warga di wilayah berjulukan Bumi Hujan Emas tersebut. Sebelum dipindahtugaskan beberapa bulan lalu, pria ini merupakan Bhabinkamtibmas Desa Pedalaman, Tanjung Bunut dan Sebemban.

Sosok pria yang ramah oleh berbagai kalangan ini, hampir tidak pernah meninggalkan ibadah shalat lima waktu. Dan sosok ini sangat dikenal berbagai lapisan masyarakat luas karena kepeduliannya.

Bukan isapan jempol belaka, buktinya belum lama ini, Kanit Sabhara Polsek Tayan Hilir, Bripka Toni Kuswoyo menyerahkan bantuan bahan bangunan kepada pengurus Surau Al-Jabar, yang terletak di Dusun Kawat, Desa Kawat. Saat itu sumbangan ini diterima Sukardi didampingi pengurus lainnya.

Adapun bahan bangunan yang disumbangkan, antara lain beberapa batang kayu belian, pasir, seng,  semen, kloset, porcelen dan triplek. Sumbangan ini, akan dipergunakan untuk pembuatan WC di Surau Al-Jabar tersebut.

Ditemui wartawan, Bripka Toni Kuswoyo menyampaikan, sumbangan yang diserahkan itu ia beli menggunakan uang tabungannya yang disisih dari gajinya setiap bulan. Hal itu didasari niat yang tulus, berawal saat dirinya melaksanakan tugas patroli di wilayah tersebut. Saat itu, kebetulan memasuki waktu shalat, dirinya memilih mampir ke Surau Al-Jabar, dikarenakan posisinya lebih dekat menuju tempat ibadah itu.

Toni bergegas menuju surau tersebut. Sebelum wudhu ingin ke WC terlebih dahulu untuk pipis (buang air kecil, red). Namun ternyata surau tersebut belum ada bangunan WC-nya. Berangkat dari itu, sepulangnya, Toni berniat dalam hati akan memberikan bantuan agar ada bangunan WC di Surau Al-Jabar. Maka dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilannya, akhirnya mampu membeli bahan bangunan tersebut.

“Awalnya pas saya patroli, kebetulan dekat wilayah surau itu. Nah, ringan rasanya saya memutuskan untuk sholat di surau itu. Jadi saya mau ke WC, ternyata belum ada dan saya sempat bertanya dengan jemaah juga, mereka ngasi tau memang belum ada. Sejak saat itu, saya berniat untuk sebisanya membantu, agar ada WC di surau itu. Dan alhamdulillah niat saya di-izabah,” ujar Toni, Minggu (29/04/2018).

Menurut Toni, yang sangat menggugah dirinya agar berupaya memberikan sumbangan bahan bangunan WC itu, mengingat tak lama lagi bulan puasa. Tentunya akan ramai jemaah yang melaksanakan sholat tarawih di surau tersebut.

“Memang secara nilainya tak seberapa. Tapi mudah-mudahan untuk membangun WC seadanya dulu. Dan akan berguna bagi jamaah surau Al-Jabar, apalagi nanti sebentar lagi memasuki bulan ramadhan,” pungkasnya ramah.

Sementara, pengurus Surau Al-Jabar mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bripka Toni Kuswoyo Kanit Sabhara Polsek Tayan Hilir ini. Dan selanjutnya akan segera dilaksanakan pembangunan WC tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan Om Toni ini. Mudah- mudahan ini akan menjadi amal jariyah bagi Om Toni dan keluarga,” ucap dia. (indra)