5 Cara Ini Atasi Signal yang Hilang di Smartphone

oleh

JAKARTA – Smartphone di zaman sekarang, memang sudah bisa dianggap seperti kebutuhan dalam kehidupan sosial ataupun bisnis. Namun, pasti akan merasa jengkel jika Smartphone kehilangan jaringan yang mengakibatkan terputusnya komunikasi yang sedang berlangsung.

Sekarang Anda tidak harus terburu-buru kesal atau marah sebelum mencoba cara berikut ini yang mungkin bisa membantu masalah tersebut.

1. Aktifkan mode pesawat

Dengan mengaktifkan mode pesawat sekitar beberapa detik, kemuadian non-aktifkan lagi mode pesawat untuk membuat sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna. jaringan pada smartphone Anda akan kembali stabil.

2. Mengganti mode jaringan

Untuk mengubah mode jaringan agar mendapatkan sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan anda pergi ke menu Pengaturan – Jaringan Seluler – Pilih Mode Jaringan “WCDMA/GSM (sambungan otomatis)”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal HP yang lemah.

3. Periksa SIM card

Matikan ponsel Android anda dan lepaskan kartu SIM. Periksalah dengan hati-hati keadaan kuningan kartu SIM anda. Anda bisa mencoba menggosokkan perlahan ke kain untuk membersihkan jikalau ada kotoran yang menempel di SIM card anda.

4. Reset pabrik

Cara ini terbukti lumayan ampuh asal keadaan smartphone Anda masih keadaan belum kena oprek, caranya adalah buka menu Setelan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan Ke Setelan Pabrik.

5. Cek imei

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas namun smartphone masih tidak bisa mengeluarkan jaringan. Langkah terakhir yaitu dengan cek imei tekan *#06# pada menu dial, jika tertera nomor imei brarti android anda harusnya tidak bermasalah, namun jika tidak tertera nomor imei maka smartphone harus di bawa ke servise untuk flash software. (**)