Samsung Galaxy S10 Bakal Usung Snapdragon 855 dan Kamera 3D

oleh

JAKARTA – Sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa Samsung telah menyelesaikan desain dari flagship Samsung Galaxy S10 yang akan datang.

Smartphone ini diprediksi akan memulai debutnya pada kuartal pertama 2019.

Mengutip dari video yang diupload di Youtube oleh Mantis Vision, ia mengklaim bahwa tepa pada perayaan ulang tahun ke 10 Galaxy S series, smartphone Galaxy S10 akan dirilis dengan dilengkapi pemindai sidik jari di bawah layar dan kamera penginderaan 3D seperti iPhone X.

Laporan mengklaim bahwa Galaxy S10 dan S10 Plus akan menampilkan desain Infinity Display 18.5: 9 seperti pendahulu mereka. Perusahaan asal Korea Selatan memperkenalkan desain ini pertama kali pada smartphone Galaxy S8 dan Galaxy S8 + yang diluncurkan tahun lalu, dan smartphone seri Galaxy S yang akan datang diharapkan tiba dengan tampilan yang sedikit lebih besar. Pasalnya, Galaxy S9 dan Galaxy S9 + masing-masing memiliki layar 5,77 inci dan 6,22 inci. Maka diharapkan Galaxy S10 dapat menampilkan layar 5,8 inci sedangkan Galaxy S10 + tampil dengan layar 6,3 inci.

Selain itu, Galaxy S10 dan S10 + akan dibekali dengan fitur pengenal wajah 3D. Fungsi ini hadir melalui kemitraan antara Samsung dengan Mantis Vision, startup Israel dan Woodgate, produsen komponen kamera lokal. Fitur identifikasi wajah 3D pada duo Galaxy S10 diklam bisa lebih unggul dari iPhone X.

Salah satu perubahan besar yang bisa dilihat di Galaxy S10 dan S10 Plus adalah penghapusan pemindai sidik jari fisik karena perusahaan berspekulasi untuk menanamkannya di bawah layar. Samsung dilaporkan bekerja dengan Qualcomm dan Synaptics untuk menghadirkan fitur pemindai sidik jari di bawah layar pada Galaxy S10 dan S10 +, dan Aegis Tech yang berbasis di Taiwan diharapkan untuk memasok komponen tersebut.

Tak hanya itu saja sob, laporan baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa Galaxy S10 dan Galaxy S10 + akan ditenagai oleh prosesor Exynos 9820. Prosesor ini juga diharapkan untuk debut pertama kali di Galaxy Note 9 yang sebentar lagi akan dirilis. Sedangkan prosesor terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 855 juga akan disematakan pada duo Galaxy S10 yang akan ditujukan untuk pasar AS, Kanada, Meksiko dan Cina dan seluruh dunia dapat menerima Exynos 9820 varian mereka.

Produksi Display Infinity untuk duo Galaxy S10 diharapkan akan dimulai pada bulan November tahun ini. Karena Samsung dikenal untuk mengumumkan seri ponsel Galaxy S di seputar Mobile World Congress (MWC), maka kemungkinan Galaxy S10 dan S10 + akan diluncurkan sekitar acara MWC 2019 pada Februari tahun depan. (**)