1.483 Barang Sitaan Dimusnahkan Lapas Klas II B Singkawang

oleh
Petugas Lapas Klas II B Singkawang memusnahkan barang bukti hasil sitaan napi. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Sedikitnya 1.483 barang sitaan hasil penggeledahan blok hunian narapidana di Lapas Klas II B Singkawang dimusnahkan, Jumat (27/04/18).

Pemusnahan barang sitaan tersebut dilaksanakan dalam rangka upacara hari Bhakti Kemasyarakatan ke-54 di halaman Lapas, Jalan Raya Sakok, dan disaksikan oleh Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan.

Barang yang dimusnahkan di antaranya 230 handphone, 177 kartu remi, 188 charger handphone, 89 headset, 39 gunting, 109 pisau, 112 kabel listrik  dan 128 baterai handphone.

Beserta 348 korek api gas, 5 obeng, 2 power bank, 12 pemanas air, 21 kartu domino, 50 bong, 1 almunium poil, 4 lapak judi, 3 speaker kecil, 4 solder, 1 gancu, 2 garpu, 1 kantong plastik klip, 1 kotak karet dot, 2 buah pipet, 13 buah pisau buatan dan 1 buah peralatan sabu.

“Itu hasil sitaan yang di dalam kamar dan pengunjung,” kata Kepala Lapas Klas II B Kota Singkawang, Sambiono.

Ia mengatakan, barang sitaan ini dikumpulkan selama satu tahun sejak April 2017 hingga saat ini. Baik dari dalam kamar napi maupun dibawa pengunjung.

Untuk pengendalian dari dalam Lapas, selama ini pihaknya selalu mewaspadai bahwa setiap handphone yang ada harus disita dan dihancurkan.

Sambiono mengatakan, dalam rangka pengendalian narkoba di dalam Lapas Singkawang. Pihaknya tetap konsisten untuk tidak memberikan alat komunikasi kepada napi.

“Kita tetap konsisten untuk memberantas pengendalian narkoba di dalam lapas, dan upaya Ini juga untuk mengantisipasi peredaran narkoba,” tuturnya.

Ia menegaskan bila ada pengunjung yang kedapatan, akan diproses sesuai dengan kesalahannya, dan bila memang ada unsur pidana akan dinaikan ke pidana. Beberapa waktu lalu sudah ada satu yang dikenakan, dan yang bersangkutan merupakan mantan napi juga.

“Kita tidak mau kecolongan lagi, segala modus kita antisipasi,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan sangat mengapresiasi adanya kegiatan pemusnahan ini.

Ia mengatkan keberhasilan penyitaan barang bukti di dalam Lapas ini merupakan kerja keras pegawai lapas di Kota Singkawang.

“Terlebih dahulu kita ucapkan selamat Ulang Tahun terhadap Lapas. Ini hasil kerja dari pegawai-pegawai yang sangat komitmen terhadap pembenahan dan penegakan aturan-aturan yang berlaku di Lapas,” katanya. (Mizar)