Warga Pinggiran Sungai Diingkatkan Bahaya Banjir

oleh

SANGGAU – Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Konggo Tjintalong Tjindro mengingatkan kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS), untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap tingginya curah hujan yang melanda Sanggau saat ini.

“Saya berharap masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati terhadap cuaca ekstrem, apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi. Debit air bisa saja tiba-tiba naik tanpa diduga, yang penting waspada,” kata Konggo kepada wartawan, Kamis (26/04/18).

Untuk itu, Ia memandang perlu melakukan pembinaan kepada masyarakat di sepanjang aliran sungai agar mereka mampu melakukan tindakan mandiri untuk mengurangi risiko akibat serangan banjir.

“Saya minta Dinas atau Instansi terkait untuk memberikan pembinaan kepada mereka. Kita khawatir kalau mereka tidak kita bekali akan sangat beresiko terutama keselamatan mereka,” tukasnya.

Para relawan juga harus dilibatlkan. Begitu juga dengan peralatan harus tersedia.

“Perlu kesiapsiagaan para sukarelawan dan peralatan penaggulangan bencana harus selalu siap diterjunkan manakala terjadinya banjir maupun bencana lainnya” ujar dia.

Menanggapi musibah banjir yang melanda sejumlah Desa di Kecamatan Melau, politisi Golkar itu mengaku sangat prihatin. Ia meminta Pemerintah bertindak cepat membantu maayarakat yang menjadi korban.

“Kalau memang banjirnya beresiko, secepatnya para korban di evakuasi, siapkan tenda atau posko-posko darurat, data¬† dan penuhi kebutuhan para korban,” pintanya. (indra)