Tiang Listrik di Bahu Jalan, Pemkot Pontianak Tidak Cakap Koordinasi

oleh
Tiang listrik yang berada di bahu jalan, Pontianak. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Penampakan tiang listrik di bahu jalan, mungkin hanya ada di Kota Pontianak. Kondisi itu diakibatkan, adanya kebijakan Pemerintah Kota setempat, yang gencar melakukan pelebaran sejumlah ruas jalan, tanpa meninjau aspek lainnya.

Keberadaan tiang listrik di bahu jalan akibat proyek pelebaran jalan, dapat ditemukan seperti di Jalan DR Wahidin, Tabrani Ahmad, Sungai Raya Dalam serta ruas jalan lainnya.

Masalah ini menjadi keluhan sejumlah warga, karena dari aspek keamanan, keberadaan tiang listrik di bahu jalan sangat membahayakan.

“Bisa bapak lihat itu, tiangnya persis di bahu jalan. Kita khawatir, barang kali ada orang yang tidak melihatnya kan bisa terjadi kecelakaan,” kata Budi Karya warga jalan DR. Wahidin Kota Pontianak, yang menghadiri pertemuan dengan Anggota DPRD Kalbar, Eka Kurniawan, Rabu (25/04/18) malam.

Mendengar keluhan warga lantaran masih banyak tiang listrik yang berada dibahu jalan disejumlah titik di Kota Pontianak, Anggota DPRD Kalbar dapil Kota Pontianak, Eka Kurniawan mengatakan, masalah ini muncul akibat Pemerintah Kota Pontianak, kurang cakap dalam berkomunikasi dengan pihak PLN.

“Kalau Pemkot tidak memindahkan, yang salah itu Pemda Pontianak. Kalau tiang listrik, tuntutan kita kepada Wali Kota Pontianak,” tegasnya.

Menurut Eka, dalam proyek pelebaran jalan, harusnya Pemkot sudah punya solusi agar tiang-tiang listrik yang berada dibahu jalan untuk segera dipindahkan. Tentunya hal itu bisa dibicarakan jauh hari dengan PLN, sebelum pelebaran jalan dilakukan.

“Kalau Pemkot melakukan pelebaran jalan, harusnya sudah punya solusi bagaimana tiang-tiang PLN yang menjorok ke jalan itu sudah bisa dipindahkan sebelumnya,” tukasnya.

Eka meminta, Pemkot Kota Pontianak segera bertindak atas masalah ini. Dirinya tidak menolak program pembangunan karena memang itu diperlukan.

“Kita menyambut positif pelebaran jalan itu. Tapi, mbok ya kerjanya jangan tanggung-tanggung, jangan setengah-setengah. Kalau disitu memang mengakibatkan akses terjadinya tiang listrik di jalan seperti sekarang, seharusnya kita secepatnya dipindahkannya. Kenapa harus nunggu waktu bertahun-tahun dan lain sebagainya,” pungkasnya. (**)