Naik KRI Sembilang, Utusan Presiden Tinjau Perbatasan RI-Malaysia di Tanjung Datu

oleh
UKP Bidang PBM RI-Malaysia naik KRI sembilang untuk meninjau perbatasan, Selasa (24/04/18). Foto : Humas Sekretariat Kabinet

PONTIANAK – Utusan Khusus Presiden RI bidang Penetapan Batas Maritim (UKP PBM) RI-Malaysia, Eddy Pratomo, Selasa (24/04/18) pukul 21.00 WIB, dengan menumpang KRI Sembilang, bertolak menuju Tanjung Datu, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), yang merupakan wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Keberangkatan Eddy dan rombongan dari Pelabuhan Pelindo dilepas oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlatamal) Pontianak Laksamana Pertama Gregorius Agung beserta sejumlah perwira dan prajurit Lantamal.

Danlatamal juga memeriksa langsung kesiapan KRI Sembilang dan KRI Alamang yang membawa Eddy dan rombongan menuju Tanjung Datu.

Perjalanan ke Tanjung Datu diperkirakan memakan waktu sekitar 12 jam. Selanjutnya UKP PBM RI-Malaysia itu akan bertemu dengan pejabat setempat untuk menggali informasi seputar perbatasan laut RI-Malaysia di segmen Laut Natuna itu.

Menyesuaikan dengan kondisi cuaca di perairan Laut Natuna itu, UKP PBM RI-Malaysia Eddy Pratomo dan rombongan akan kembali Rabu (25/04/18) siang dengan KRI Sembilang dan KRI Alamang ke Pontianak, dan diperkirakan akan tiba pada Kamis (26/04/18) pagi.

Tampak menyertai Eddy Pratomo dalam kunjungan tersebut antara lain Asisten UKP PBM RI-Malaysia Purnomo Chandra dan Eddy Soetjipto, Inspektur Sekretariat Kabinet Wawan Gunawan, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), TNI AL, Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Pemprov Kalbar. (Humas Sekretariat Kabinet)