Ini Terobosan Baru Dinkes Kapuas Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

oleh

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas kembali melakukan terobosan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah setempat, dengan melaksanakan program kegiatan ‘Ketuk Pintu Sehat’.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, mengatakan, sekarang ini pelayanan kesehatan kepada masyarakat bukan hanya dilakukan di Puskesmas saja, tetapi juga dilakukan dengan kunjungan langsung ke rumah-rumah masyarakat.

“Kita punya program namanya Ketuk Pintu Sehat, dimana kita jemput bola langsung mengunjungi rumah-rumah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan,” katanya kepada di Kuala Kapuas, Rabu (25/04/18).

Menurut Aped sapaan akrab Kadis Kesehatan Kapuas, ada beberapa manfaat dari kegiatan ketuk pintu sehat ini, dimana pihaknya bisa mengetahui langsung masalah kesehatan di masyarakat.

“Positifnya adalah waktu kita kunjungan ke rumah disitu kita temukan banyak kasus kesehatan, seperti yang sudah-sudah banyak kita temukan seperti penyakit hipertensi, diabetes, kelumpuhan bahkan ada yang belum memiliki BPJS,” ungkapnya.

Nah, ketika ditemukan ada warga yang sakit parah maka petugas kesehatan yang melaksanakan kegiatan ketuk pintu sehat langsung merujuk warga tersebut ke pusat pelayanan kesehatan.

“Pada saat melaksanakan kegiatan ketuk pintu sehat kita juga membawa mobil ambulance sehingga ketika ada ditemukan yang sakit parah langsung kita bawa rujuk. Jadi, setiap hari ada ketemu yang sakit parah kita rujuk,” ujar Aped.

Program ketuk pintu sehat ini sudah dilaksanakan Dinas Kesehatan Kapuas di wilayah Puskesmas Selat, Puskesmas Melati, Puskesmas Anjir, Puskesmas Barimba, Puskesmas Basarang, Puskesmas Sei Tata dan Puskesmas Palingkau.

“Nanti akan menyebar ke puskesmas lainnya juga, dan kita sudah mengintruksikan semua puskesmas untuk pelaksanaan program ketuk pintu sehat ini,” terang Aped yang menyebutkan jika program ketuk pintu sehat juga sejalan dengan Program Indonesia Sehat. (irs)