Mantan Pegawai KPU Ditemukan Tak Bernyawa

oleh

PONTIANAK – Salah seorang penghuni kost sederhana di Jalan Sutan Abdurrahman Pontianak Kota, Senin (23/04/18) pagi pukul 08.30 wib, ditemukan tewas didalam kamar nomor 24, samping Kantor Pengadilan Negeri Pontianak.

Kamar tersebut ditempati Sugeng Santoso pensiunan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja sebagai supir KPU Kota Pontianak.

Menurut keterangan Nur Hidayat, salah seorang saksi, sejak Sabtu malam, dari kamar korban tersebut sudah tercium bau tidak sedap.

Namun ia tidak mengira kalau teman satu kosnya ini telah meninggal dunia, hanya saja bau yang mencuat keluar, disangka bau dari nasi dan lauk yang sudah basi.

“Minggu malam saat pulang dari kerja, bau tersebut makin tercium kuat menusuk hidung,” ujarnya di lokasi kejadian.

Ia merasa penasaran dengan bau tersebut berasal dari kamar yang ditempati Sugeng. Apalagi, selama beberapa hari belakangan, ia tidak pernah melihat korban di kamarnya.

“Selama itu juga, ia tak pernah mendengar bunyi aktifitas di kamar Sugeng. Saya curiga karena posisi sandal tidak berubah,” katanya.

Karena penasaran, pagi pukul 08.30 wib, ia pun mencoba mengintip dari ventilasi kamar dan melihat korban dalam keadaan posisi telentang.

“Setelah melihat itu, saya langsung melapor ke bapak kos dan ditindaklanjuti dengan melaporkan kejadianya polisi,” paparnya.

Dia menjelaskan, selama ini tidak terlalu dekat sama korban. Bahkan ia juga tidak tahu, apa pekerjaan korban.

“Kalau bertemu pun hanya selintas, saat keluar masuk kamar,” aku dia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota, Kompol Muhammad Husni Ramli usai melihat kondisi serta kamar korban menjelaskan bahwa, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan dilaporkan oleh pemilik kost.

Saat dicek, ke TKP, pintu kamar kos korban dalam keadaan terkunci dari dalam dan pintu dibuka dengan paksa.

“Korban dengan posisi terlentang di atas kasur kamar kos yang di tempati korban,” ungkap dia.

Selanjutnya dari tim identifikasi melakukan olah TKP. Dari hasil tersebut didapati nama mayat tersebut bernama Sugeng Santoso kelahiran Solo 23 Januari 1955. Pekerjaannya pensiunan PNS. Usai melakukan pengecekan mayat, selanjutnya mayat tersebut dibawa menuju RS. Soedarso untuk penanganan lebih lanjut.

Dari keterangan beberapa saksi penghuni kos, lanjut dia, korban sudah lama tinggal di kos sendirian. Korban juga jarang komunikasi dengan penghuni kos lain dan apabila masuk kamar ia jarang keluar kebanyakan menyendiri. Ia juga tak mendengar keterangan ada keributan dari korban.

Husni menambahkan, jenazah terakhir di lihat oleh tetangga sekitar Sabtu kemarin. Menurut Husni pihaknya belum bisa mengidentifikasi mayat karena korban sudah membusuk. Hasilnya baru bisa diketahui setelah hasil Rumah sakit didapat. Husni menambahkan, korban ini tinggal sendiri. Tapi pihak keluarga sudah diberi tahu. (jon)