Kapuas Masuk Kategori Rawan Bencana

oleh

KUALA KAPUAS – Apel gabungan Kesadaran Nasional dan Hari Kesiapsiagaan Bencana serta gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2018, digelar di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas Senin (23/04/18).

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel gabungan tersebut Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, forkopimda, kepala SOPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi dan seluruh peserta upacara yang terdiri dari TNI/POLRI, ASN dan anggota Balakar di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko dalam sambutan tertulis dibacakan Kapolres Kapuas mengatakan, Kabupaten Kapuas berdasarkan hasil kajian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah termasuk dalam 136 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang dikategorikan rawan bencana yang cukup tinggi.

“Untuk itu patut kita waspadai dan perlu adanya langkah-langkah kongkrit dalam menghadapi kondisi tersebut,” katanya.

Sementara itu, Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas selalu mendukung dan menjalin kerja sama yang baik diantara pihak keamanan dan pihak terkait dalam menangani dan mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Sekecil apapun hot spot atau titik panas harus ditanggulangi dengan baik, dan peralatan yang ada harus dipersiapkan dengan maksimal,” katanya.

“Apapun dampaknya  tetap kita harus meminimalisir dan kebakaran lahan dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Untuk itu harus ada sosialisasi kepada seluruh masyarakat,” tambah Ermal Subhan kepada wartawan. (irs)