Harry Adryanto-Yandi Berkomitmen Bantu Usaha Kecil Menengah dan Pedagang di Pontianak

oleh
Pasangan Harry Adryanto-Yandi saat berdialog bersama warga di Jalan Parit Demang, Pontianak. Foto : Arif

PONTIANAK – Calon Wali Kota Pontianak  dan Wakil Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Harry Adryanto-Yandi menyambangi rumah Eka Widiyanti, salah satu warga di Jalan Parit Demang, Pontianak, Minggu (22/04/18) malam.

Kedatangan Harry Adryanto-Yandi bersama tim pemenangannya adalah untuk berdialog dengan warga setempat dan mensosialisasikan program kerja pasangan Harry-Yandi selama lima tahun kedepan apabila terpilih menjadi Wali Kota Pontianak, dengan menyerap aspirasi masyarakat, terutama pelaku usaha kecil menengah dan pedagang kecil.

Monalisa Asikin, warga Jalan Parit Demang, yang juga pelaku usaha kecil menengah mengatakan, minimnya bantuan dari pemerintah setempat adalah faktor utama sulitnya pedagang kecil untuk mengembangkan usahanya.

“Selama ini, pemerintah masih setengah-tengah dalam memberikan bantuan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, perlu persyaratan khusus, diantaranya harus ada izin usaha, dan persyaratan itu sangat sulit sekali dipenuhi oleh pedagang setempat, karena rata-rata pedagang yang mengajukan pinjaman tidak memiliki tempat usaha.

“Kami kesulitan modal dalam usaha, karena bantuan yang diberikan tidak merata, dan hanya orang-orang tertentu yang mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Lanjutnya, sementara warga yang benar-benar ingin berusaha tidak mendapatkan pinjaman modal dari pemerintah.

“Kadang-kadang mau pinjam ke koperasi di kelurahan, alasannya tidak ada dana, pakai disurvei  lagi tempat usahanya, padahal belum tentu punya tempat usaha,” ujarnya.

Ia pun berharap kepada pasangan Harry Adryanto-Yandi, apabila terpilih menjadi pemimpin Kota Pontianak ke depannya dapat mensejahterakan masyarakat, terutama pedagang kecil.

“Saya harapkan pasangan ini dapat meningkatkan perekonomian warga di Kota Pontianak,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, calon Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Harry Adryanto mengatakan, bahwa pelaku usaha kecil menengah maupun pedagang kecil merupakan salah satu penyangga ekonomi di Kota Pontianak, dan Ia berkomitmen apabila terpilih menjadi Wali Kota Pontianak nantinya, akan lebih memperhatikan usaha kecil menengah maupun pedagang kecil.

“Program prioritas saya, adalah mensejahterakan perekonomian masyarakat di Pontianak, oleh karena itu nantinya akan ada pembinaan terhadap pelaku usaha kecil menengah atau pedagang kecil,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dalam pemerintahannya nanti, akan memberikan kemudahan  untuk mengucurkan dana pinjaman modal bagi pelaku usaha kecil menengah dan pedagang.

“Makanya, saat saya menjadi Wali Kota nantinya, saya akan membentuk satuan khusus yang menangani persoalan usaha kecil menengah dan pedagang,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya satuan khusus ini, berfungsi untuk menyerap aspirasi pelaku usaha kecil menengah dan pedagang kecil yang ada di Kota Pontianak. (Dody)