Danrem 121/ABW Launching Petasan di Segumun

oleh

SANGGAU – Danrem 121 /Abw Brigjend. TNI Bambang Ismawan pada Sabtu (21/04/18) sekitar pukul 14.00 Wib bertempat di lapangan bola Dusun Segumun, Desa Segumun, Kecamatan Sekayam, melakukan launcing Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) di wilayah Kodim 1204/Sanggau. Kegiatan yang mengangkat tema

“Membangun Negeri Dari Pinggiran Dengan Menyiapkan Generasi Emas Indonesia” itu dihadiri juga oleh Kasi Intel Korem 121/Abw Kolonel Inf Wulang Nur Yudhanto beserta ibu, Kasiter Korem 121/Abw, Kolonel Inf Jacky Ariestanto beserta ibu, Kasiops Korem 121/Abw, Kolonel Inf Denny Fardani, S.Pd beserta ibu, Kasiren Korem 121/Abw, Kolonel Inf Achmad Marzuki beserta ibu, Kasilogrem 121/Abw, Kol Kav Josafat M. Robert Duka, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Herry Purwanto beserta ibu, Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arief Boediono, Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM, akobus, para Kabalak Aju Korem 121/Abw, Pimpinan OPD terkait, Muspika Sekayam, tokoh agama dan tokoh adat setempat.

Acara diawali dengan peninjauan kegiatan pelajar, diantaranya pemberian materi pelajaran bela negara kepada pelajar, pemberian materi kepramukaan kepada pelajar, pemberian materi pengetahuan umum kepada pelajar, pemberian materi cara mencuci tangan dan pola hidup bersih dan sehat kepada pelajar, pemberian materi senam dan olah raga kepada pelajar.

Usai memberikan materi, Danrem melanjutkan kegiatan dengan bhakti sosial pengobatan massal kepada masyarakat perbatasan Desa Segumon Kecamatan Sekaya, pembagian biskuit/makanan tambahan untuk balita, peletakan batu pertama pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah Guru dan Penjaga SDN 15 Segumon oleh Danrem 121/Abw dan Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM.

Dalam sambutannnya, Danrem 121/Abw, Brigjend TNI Bambang Ismawan menyampaikan, kegiatan Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) merupakan program kerja Korem 121/Abw yang difokuskan kepada wilayah kodim perbatasan. Di katakan Danrem, program ini berangkat dari keprihatinan TNI selama melakukan peninjauan kebeberapa wilayah perbatasan.

“Kami masih banyak menemukan sekolah yang masih kekurangan guru dan sarana prasarana yang terbatas. Dari sini kita menemukan sebuah formula yang kita beri nama Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan disingkat Petasam. Program ini menyisir sekolah-sekolah yang ada di Kalimantan Barat khususnya diperbatasan yang masih terkendala dengan masalah kekurangan guru dan sarana prasarana,” ujar Danrem.

Saat ini Korem 121/Abw mengambil 20 sekolah sebagai pilot projek yang akan mendapatkan pembinaan dan perbaikan sarana dan prasarana. Bentuk kegiatan dilapangan adalah berupa kegiatan fisik dan non fisik. Dibidang fisik, lanjut Danrem adalah merehabilitasi bangunan dan bagian sekolah yang sudah rusak yang dapat mengganggu proses belajar mengajar sehingga suasana sekolah menjadi lebih indah dan asri.

Sementara untuk bidang non fisik, menugaskan Babinsa untuk mengajar sesuai dengan materi pengajaran yang ada.

“Namun ada nilai lain yang ingin kita sampaikan kepada siswa yaitu membina dan membentuk siswa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat cinta tanah air,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu, Danrem berkesempatan menyerahkan bantuan berupa seperangkat sarana prasarana sekolah, perlengkapan sekolah, sound sistem untuk sekolah, perlengkapan alat tulis, foto pahlawan dan alat olah raga, buku pelajaran dan buku tulis serta pakaian seragam sekolah. (indra)