Satgas TMMD Tanamkan Disiplin Melalui Pramuka

oleh

SANGGAU – Tak mengenal lelah, itulah yang tergambar dalam diri setiap personil Satgas TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu. Bagaimana tidak, waktu istirahat pun dimanfaatkan prajurit TNI itu untuk berkumpul bersama pelajar SD 01 Kecamatan Noyan.

Seperti pada, Jumat (20/04/18), terlihat Pelda Sudaryanto meluangkan waktu istirahatnya untuk mengajari para pelajar SD tentang materi pramuka. Tidak hanya itu, pada kesempatan yang baik itu para gerenasi penerus bangsa ini juga ditanamkan cinta NKRI.

Caranya cukup unik, Sudaryanto menceritakan pengalamannya selama bertugas. Berbekal cerita pengalamannya itu, Sudaryanto berupaya memotivitas anak-anak akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI.

“Di sini mereka saya ajarkan baris berbaris secara militer dengan beberapa sikap, baik periksa kerapian, sikap baris berbaris di tempat ataupun dalam posisi pergeseran pasukan. Saya senang dan bangga pelajar SD 01 Noyan ini sangat bersemangat mengikutinya, bahkan ikut mempraktikan selama satu setengah jam,” tutur Sudaryanto.

Melalui materi itu, lanjut dia, akan membentuk jiwa korsa atau kebersamaan, tabah dalam menghadapi tekanan serta melatih otak untuk berpikir cepat dan tepat dibawah tekanan tersebut melalui aba-aba atau perintah yang diberikan.

“Saya harapkan nantinya mereka akan menjadi generasi pramuka yang handal, cepat, cekatan dan terlatih. Karena tidak ada orang hebat, melainkan orang yang terlatih,” tutur Sudaryanto. (indra)