Produk Kerajinan Anyaman Rotan Kapuas Dijual Sampai ke Jepang

oleh

KUALA KAPUAS – Selain kerajinan getah nyatu, Kabupaten Kapuas juga dikenal dengan kerajinan anyaman rotannya. Bahkan produk kerajinan anyaman rotan asal daerah ini bisa menembus pasar internasional.

Slamet seorang pengusaha kerajinan tangan anyaman rotan asal Kabupaten Kapuas terbilang sukses dalam mengembangkan usahanya.

Pemilik usaha kerajinan anyaman rotan UD Nabil Reihan Rotan Kuala Kapuas ini mengatakan, usaha yang sudah ditekuninya sejak tahun 2010 itu berhasil menarik pembeli baik itu dalam atau pun luar negeri.

Adapun produk kerajinan tangan yang diolahnya berbahan dasar rotan tersebut seperti tikar, tas, kursi, sajadah, topi bahkan sampai tempat untuk membawa bunga. “Untuk omset perbulan biasanya kita dapat Rp15 juta sampai Rp 50 juta,” katanya kepada wartawan di Kuala Kapuas, belum lama tadi.

Negara yang biasa memesan produk kerajinan rotan milik Slamet adalah Jepang. Sedangkan di dalam negeri, selain Kalimantan juga dari Pulau Jawa dan Bali.  “Negara Japang juga memesan prodak olahan kita untuk dipakai di negara mereka,” ucapnya.

Nah, usaha kerajinan anyaman rotan milik Slamet di Kabupaten Kapuas, tepatnya berlokasi di Jalan Durian  RT 1 Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat. (irs)