Pjs Bupati Kapuas Hadiri Kunker Komite I DPD RI

oleh

KUALA KAPUAS – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kapuas, Ermal Subhan ST MT, menghadiri rapat kunjungan kerja Komite I DPD RI di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Selasa (17/04/18).

Kunjungan Komite I DPD RI tersebut dalam rangka pengawasan pelaksanaan undang-undang desa dan undang-undang Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah. Rapat berlangsung di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng.

Selain Pjs Bupati Kapuas, rapat itu juga dihadiri para kepala daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua DPRD, Ketua Panwaslu kabupaten/kota beserta pejabat lainnya.

Terkait pengawasan pelaksanaan undang-undang desa, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng, Saidina Aliansyah, mengatakan pemerintahan desa selalu dibekali dengan kompetensi yang memadai dan tertib.

Kemudian dalam pelaksanaan pelatihan serta kekuatan kapasitas baik kepala desa dan perangkat desa harus dilakukan secara berkesinambungan dan sistematis. “Seperti pengelolaan keuangan desa, pelatihan perancangan pembangunan dan lain sebagainya serta bimbingan intensif terhadap perangkat desa dalam pembinaan Sistem Aplikasi Keuangan Desa (Siskeudes),”ungkapnya.

Sedangkan berkaitan dengan Pilkada serentak, Pemerintah Provinsi Kalteng telah melakukan berbagai hal yaitu diantaranya melakukan pemantauan monitoring kesiapan Pilkada serentak pada 10 kabupaten dan satu kota.

“Termasuk melalukan Apel Siaga Pilkada Serentak Tahun 2018 yang mana baru dilaksanakan di Kabupaten Lamandau, Sukamara, Murung Raya, Barito Timur dan Barito Utara,” jelas Saidina membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng. (irs)