DPT Pilkada 2018 Ditetapkan 305.289

oleh
KPU Sanggau menggelar rapat pleno DPT di Hotel Emard Sanggau, Rabu.(18/04/18). Foto : Indra

SANGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018 di Meeting Room 1, Hotel Emerald Sanggau, ┬áRabu (18/04/18).

Rapat pleno DPT itu dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih didampingi komisioner KPU lainnya.

Hadir pihak Panwaslu Kabupaten Sanggau, LO kedua pasangan calon, PPK se-Kabupaten Sanggau serta perwakilan TNI dan Polri.

Proses rapat pleno masih berlangsung demokratis. Masing-masing PKK menyampaikan rekapitulasi daftar pemilih dan LO masing-masing paslon dan Panwaslu diberikan kesempatan untuk menanggapi daftar pemilih yang disampaikan pihak PPK.

Setelah melalui proses pleno, KPU akhirnya memutuskan, jumlah pemilih di Kabupaten Sanggau sebanyak 305.289 dengan jumlah Desa/Kelurahan 169 dan 1.202 TPS.

“Data ini tetap, tapi kalau ada pemilih baru bisa disampaikan sampai tanggal 27 Juni nanti. DPT ini kan tujuannya untuk pemetaan TPS, kemudian untuk mengetahui jumlah suara yang dibutuhkan ditambah 2,5 persen dari masing-masing DPT,” kata Sekundus ditemui awak media usai pleno.

Untuk pemilihan tambahan, misalnya yang baru pindah ke Sanggau, baru pensiun TNI/Polri, atau yang baru menikah, akan masuk dalam daftar pemilih tambahan.

“Perlakuanya, mereka tetap bisa menggunakan hak suara tapi di atas jam 12.00 Wib hingga berakhir pukul 13.00 Wib, tapi itupun sepanjang surat suara masih tersedia,” ungkapnya. (indra)