10 Kebiasaan Ini, Sangat Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

oleh
Minum air putih terus menerus sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Foto : Istimewa

JAKARTA – Gaya hidup sehat merupakan anjuran dimana kita memiliki rutinitas sehari-hari demi memberikan kesehatan pada jiwa dan raga kita. Biasanya kita ikuti saja anjuran tersebut tanpa mencari tahu dulu kebenarannya.

Sobat sebaiknya mencari tahu dulu fakta-fakta kesehatan agar kita tidak salah melakukan rutinitas gaya hidup, yang kemungkinan hanya untuk memasarkan produk tertentu.

Kadang kebiasaan yang menurut kita baik untuk kesehatan, tapi sesungguhnya tidak memiliki manfaat bahkan bisa berbahaya untuk kesehatan kita sendiri. Maka dari itu berikut ini beberapa kebiasaan yang dianggap sehat, tapi sebenarnya sangat berbahaya.

1. Memakai Sandal Jepit

Banyak orang yang menganggap bahwa memakai sandal jepit di luar rumah merupakan hal yang nyaman dan menyehatkan. Mungkin hanya nyamannya saja yang benar, sedangkan sebenarnya ini tidak menyehatkan. Ternyata sandal jepit tidak baik digunakan pada permukaan yang keras. Sandal jepit hanya menyehatkan jika dipakai di permukaan pasir atau rumput. Ditambah lagi bahan pembuatan sandal jepit jika dipakai di luar rumah, akan mampu menarik lebih dari 15 ribu bakteri liar yang berbeda.

2. Terlalu Banyak Minum Air

Sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, tidak terkecuali minum air. Meskipun air merupakan kebutuhan utama bagi tubuh, nyatanya meminum terlalu banyak air malah tidak baik untuk kesehatan. Minum air terlalu banyak akan mengakibatkan turunnya kadar elektrolit yang membuat gangguan ginjal dan pembengkaan saraf otak.

3. Bersih-Bersih Rumah

Membersihkan rumah secara rutin memanglah bagian dari gaya hidup sehat. Namun Sobat harus waspada dengan deterjen atau cairan pembersih. Penggunaan bahan kimia untuk membersihkan rumah terlalu sering akan mengakibatkan iritasi mata, sakit kepala, bahkan berbahaya untuk pernafasan. Dari penelitian mengungkapkan orang yang suka membersihkan rumah secara rutin dengan bahan cairan pembersih memiliki jantung yang lebih lemah daripada orang yang jarang bersih-bersih.

4. Minum Vitamin

Mengkonsumsi vitamin secara rutin menurut banyak orang adalah gaya hidup sehat. Namun itu semua salah adanya, dimana orang yang meminum vitamin ternyata lebih rentan memiliki resiko mengidap penyakit serius. Karena itulah Sobat harus berkonsultasi ke dokter dulu sebelum meminum vitamin dalam bentuk apapun.

5. Olahraga Treadmil

Olahraga berlari dengan menggunakan alat treadmil biasanya dilakukan orang untuk membuang kalori dalam tubuh. Namun perlu Sobat ketahui bahwa olahraga berlari dengan alat ini terlalu lama sangat berbahaya bagi tubuh, terutama persendian dan otot. Mesin ini sebenarnya bisa memberikan tekanan berlebihan pada tulang pinggul, lutut, punggung, dan tumit Sobat.

6. Tidur Siang

Tidur siang diyakini banyak orang memang menyenangkan dan menyehatkan. Namun sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa tidur siang lebih dari 1 jam akan meningkatkan resiko sakit jantung dan berdampak buruk pada kualitas memori otak. Tidur siang secara berlebih akan membuat kadar gula darah meningkat, sedangkan tidur siang singkat sekitar 30 menit akan menurunkan kadar gula darah.

7. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan sebaiknya tidak dilakukan rutin tiap tahun. Sobat bisa memeriksa kesehatan kalian menurut jangka waktu usia dan tergantung dari penyakit yang kalian derita saja. Menurut sejumlah penelitian, pemeriksaan ke dokter tiap tahun tidak banyak memberikan perubahan hasil kesehatan.

8. Sabun Cuci Tangan

Banyak iklan di TV menayangkan penggunaan sabun cuci tangan bisa membunuh bakteri penyakit. Namun nyatanya penggunaan sabun seperti ini secara sering akan memungkinkan munculnya bakteri baru yang lebih berbahaya dan kuat. Menurut penelitian, penggunaan sabun biasa sebenarnya juga bisa menghilangkan bakteri kuman, bahkan sabun ini jauh lebih aman dari sabun khusus.

9. Memiliki Badan Kurus

Memiliki badan kurus dan langsing bukan berarti lebih sehat dari yang berbadan gemuk. Mereka yang makan banyak tetapi tetap memiliki badan kurus, ternyata menyimpan lemak di jantung, dan ini lebih berbahaya. Memiliki badan yang terlalu kurus juga lebih rentan terhadap penyakit anemia, gangguan sendi tulang, paru-paru, bahkan keguguran, dan masih banyak lagi.

10. Minuman Diet

Jangan terperdaya degan promosi iklan sebelum mencari tahu fakta kebenaran kesehatan ya Sob. Meskipun iklan mengatakan bahwa minuman bersoda memiliki rendah kalori dan baik untuk kesehatan, namun jangan langsung percaya. Sebenarnya meminum secara rutin minuman diet bersoda akan meningkatkan resiko terkena sakit jantung dan darah tinggi. Para peneliti mengungkapkan, seseorang yang sering mengkonsumsi minuman diet lebih mudah terkena stroke dan dimensia, yang menghambat aliran sel darah ke otak. (**)