Selalong Wakili Sekadau Ikut Lomba Tingkat Provinsi

oleh

SEKADAU – Sebagai desa yang menang dalam lomba desa tingkat kabupaten, kini desa Selalong harus mewakili kabupaten Sekadau pada lomba tingkat Provinsi.

Desa yang baru dimekarkan tahun 2013 pecahan dari desa Sungai Ringin ini terus berbenah, bahkan desa Selalong telah berhasil mengentaskan angka kemiskinan. Selain itu, di desa Selalong hanya 9 kepala keluarga yang mengomsumsi beras pra sejahtera (Rastra).

“Bidang pertanian sebagai sumber penghasilan utama bagi warga Selolong antaranya sebagai petani Palawija,Padi dan petani Sawit,” kata Jelani, kepala desa Selalong dalam sambutanya pada acara pembukaam penilaian lomba desa tingkat provinsi Selasa (17/04/18).

Sebagai desa baru kata Jelani, pihaknya siap untuk berkompetisi dengan desa-desa lain di provinsi kalbar.

Ditempat yang sama, Yohanes Alexander, Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarkat Desa, Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutannya berharap, mudah-mudahan desa Selalong bisa menbuat sejarah baru untuk menjadi juara lomba desa tingkat provinsi.

“Sebagai desa baru, Selalong bisa menjadi contoh desa lain. Karena, kebanyakan desa kebigungan membagi beras pra sejahtera (Rastra), tapi desa Selalong dalam ekonomi cukup memgembirakan. Karena dari 2 ratus lebih KK yang ada, hanya 9 KK yang masih mengomsumsi beras Rastra. Artinya, secara ekonomi desa Selalong memang cukup baik,” kata Alexander.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa lomba desa adalah sebagai ajang silaturrahmi, bagi kepala desa dan seluruh lapisan masyarakat. Lomba desa juga bukan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, akan tetapi lomba desa dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dan perangkay desa,untuk berpacu memajukan desanya.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada warga desa Selalong yang telah bekerja keras sebagai tuan rumah untuk menyukseskan proses lomba desa kali ini.

“Saya mengaplus atas sambutannya dan kesiapan warga Selalong dalam lomba desa tingkat provinsi,” kata bupati.

Hadir dalam acara tersebut wakil bupati Aloysius, kepala dinas Pemdes Provinsi Y. Alexander, ketua DPR dan anggota DPRD, kepala OPD, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, seluruh kepala desa sekecamatan Sekadau Hilir. (sutarjo)