Pemkab Kapuas Jalin Kerjasama dengan Ombudsman

oleh

KUALA KAPUAS – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kerjasama dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Kerjasama itu sendiri adalah tentang peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dan pencegahan maladministrasi di Kabupaten Kapuas. Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan di ruang rapat Bupati Kapuas,  Selasa (17/04/18), yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Rianova.

Menurut Rianova ada sebanyak 20 SOPD yang melakukan kerjasama dengan Ombudsman.

“Yang mana intinya dari perjanjian kerjasama ini adalah mengenai pelayanan publik dari pemerintah sebagai pelaksana terhadap masyarakat,” kata Rianova.

Sementara itu Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah Thoeseng T.T Asang, menerangkan bahwa telaksananya kegiatan penandatanganan kerjasama tersebut sebagai bentuk tindaklanjut MoU antara Ombudsman dengan Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Kalimantan Tengah.

“Untuk Kabupaten Kapuas adalah kabupaten yang ke enam melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama ini di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Menurut Thoeseng Kabupaten Kapuas termasuk dalam zona hijau, yang mana nantinya akan lebih dilihat ke arah kinerja terhadap pelayanan publik.

Nah, Ombudsman sendiri juga terbilang sangat ketat dalam mengawasi pelayanan publik dalam rangka untuk pencegahan agar tidak ada pungli atau pun korupsi. (irs)