Liga Inggris Anjlok, Inilah 10 Besar Klub Peringkat UEFA 2018

oleh

JAKARTA – UEFA baru saja merilis klasemen klub Eropa, dan dua klub Liga Inggris berada di posisi delapan dan sembilan peringkat besar klub Top Eropa, di posisi sepuluh ada wakil Jerman, Borussia Dortmund.

Sementara itu, dari sistem penilaian selama lima musim terakhir Real Madrid tetap menjadi peringkat teratas. Melihat tolak ukur mereka dari gelar Liga Champions terbanyak, dan juga memecahkan rekor sebanyak 156.000 poin, meningkat seribu poin dari pencapaian musim lalu.

Ternyata, posisi dibawah Real Madrid ada Bayern Munchen, Atletico Madrid, Barcelona dan Juventus yang menduduki peringkat ke lima.

Mirisnya sebagai Liga terketat di Eropa, dua klub wakil Inggris menduduki posisi sembilan dan sepuluh, yaitu Manchester City, dan Arsenal.

Tercatat Manchester City adalah calon juara Liga Inggris yang hanya menunggu mengangkat trofi, dan Arsenal berada di peringkat keenam klasemen sementara. Ini berarti kualitas Liga Inggris selama sepuluh tahun terakhir menurun.

Perhatikan ketika pada tahun 2009/2010, peringkat Top Eropa klub inggris cukup mumpuni, masuk lima besar, ada Manchester United, Chelsea, Arsenal dan Liverpool, dengan Barcelona sebagai peringkat teratas pada kala itu.

Ini dia sepuluh besar peringkat Top Eropa menurut UEFA.COM tahun 2018 :

Klub                               Negara

1. Real Madrid               Spanyol

2. Bayer Munchen         Jerman

3. Atletico Madrid         Spanyol

4. Barcelona                  Spanyol

5. Juventus                    Italia

6. Sevilla                         Spanyol

7. PSG                             Perancis

8. Manchester City        Inggris

9. Arsenal                       Inggris

10. Borusia  D                 Jerman