DD Nanga Kiukang Sekadau Fokus Insfratruktur

oleh

SEKADAU – Untuk membuka isolasi antar desa dan dusun, Desa Nanga Kiukang, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, kini menfokuskan pembangunan infrastruktur di wilayah desanya. Pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan untuk membuka isolasi antar dusun dan ke desa tetanga.

“Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018, kita gunakan untuk membangun jalan dan jembatan yang menghubungkan antar dusun dan desa,” ungkap Muh. Hamdi, selaku Kepala Desa Nanga Kiukang ditemui Minggu (15/04/18) di Riam Panjang.

Tahun ini kata Hamdi, pihaknya akan membuka beberapa jalan penghubung diantaranya jalan Nanga Kiukang ke desa Tapang Tigang, lalu jembatan sungai Kemayau dengan panjang 12 meter, lebar 4, dan tebal lantai 40 centimeter dengan pagu dana sekitar Rp117 juta.

Selain jembatan sambung Hamdi, pihaknya juga akan membangun jalan rabat beton sebanyak dua titik, yakni di Sekayam dengan panjang 200 meter, di sungai Kepayang dusun Kumpang dengan panjang 200 meter.

“Total jalan rabat Beton yang kita bangun ada 4 ratus meter dan lebarnya kita tambah jadi 3 meter. Sedangkan untuk jembatan kita bangun tahun ini sepanjang 17,5 meter. Lalu penggusuran jalan baru ada tiga titik, yakni jalan Riam Panjang 2,5 kilometer. Kemudian pembukaan jalan Siak dusun Ketiur 1 kilometer dan jalan menuju desa Tp. Tigang,” terang Hamdi.

Selain itu tambah Hamdi, dari ADD desa juga menberikan bantuan pendidikan Rp200 ribu, untuk 75 anak sekokah tingkat SLTP. Kemudian desa juga memberikan bantuan kepadu ibu yang melahirkan sebesar Rp400 ribu.

“Dari ADD kita juga berikan bantuan kepada anak sekolah dan untuk ibu yang mau melahirkan.Sedangkan Bumdes kita berikan kredit sapi. Dan depot air minum isi ulang dan kolam Ikan,” bebernya (sutarjo)