Hindari Hal Ini Saat Mengisi Baterai Smartphone

oleh

JAKARTA – Sering kali kita mengalami kendala baterai lowbat saat sedang di luar dan tidak membawa charger atau power bank. Hal ini membuat kita harus segera mengisi daya smartphone agar segera terisi daya dan bisa digunakan kembali. Namun sering kali kita meminjam charger milik teman atau patner kita dengan spesifikasi charger yang berbeda. Apakah hal ini aman untuk digunakan ?

Simak 4 kesalahan fatal berikut saat charge smartphone.

1. Jangan tunggu hingga 0%

Dilansir dari akun Youtube Jalan Tikus,“Menggunakan smartphone hingga baterai 0% dapat menurunkan peforma”. Pada sebuah tes didapatkan bahwa rata-rata charge cyle sebuah baterai sekitar 1000 hingga 2500 dalam keadaan setiap kali charge maksimal baterai tersisa 25%. Tetapi ketika sisa baterai 0% maka charge cyle hanya sekitar 300-500 saja. Jadi, sebaiknya jika baterai HP kamu sudah di angka 30% segera di isi daya.

2. Jangan charge sambil tidur

Kita terbiasa men-charge HP kita pada malam hari saat kita tidur. Tujuannya sih biar saat pagi hari baterai sudah terisi penuh. Namun kebiasaan seperti ini justru bisa merusak baterai. Tiap baterai mempunyai kapasitas tertentu. Jadi, jika kita mengisi daya terus menerus maka baterai tersebut akan kelebihan daya. Akibatnya umur baterai akan lebih cepat tua. Parahnya lagi bisa sampai meledak.

3. Jangan charge di kasur atau tempat empuk

Terkadang posisi stopkontak atau colokan listrik dekat dengan sofa atau kasur. Hal ini membuat kita sering meletakkan smartphone kita dengan objek yang tidak jauh dari colokan tersebut. Meletakkan smartphone di sofa atau kasur tidaklah baik pada saat mengisi daya. Akibatnya smartphone akan mengalami panas yang berlebih. Meletakkan smartphone pada permukaan meja kaca atau lantai lebih baik saat sedang mengisi daya.

4. Jangan menggunakan charger bajakan

Bukan hanya charger bajakan, menggunakan charger berbeda model smartphone bisa membuat efek buruk pada smartphone. Setiap smartphone mempunyai masukan atau input charger yang berbeda-beda. Jangan men-charge smartphone dengan masukan 1 ampere menggunakan charger dengan masukan 2 ampere. Walaupun charger dengan ampere yang lebih tinggi bisa men-charge lebih cepat. Tetap saja menggunakan charger ORIGINAL akan lebih aman. (**)