Tiga Puluh Enam Kasus 4C, Berhasil Diungkap Polda dan Jajaran

oleh

PONTIANAK – Kejahatan dengan kekerasan seperti jambret, perampokan hingga pembunuhan, mendapat perhatian masyarakat luas. Karena tidak hanya menimbulkan kerugian materil,  tetapi juga menimbulkan korban jiwa, berupa luka hingga hilangnya nyawa. Dan kejahatan tersebut, dapat terjadi karena latar belakang ekonomi, dendam, perkelahian, maupun latar belakang lain yang berlangsung secara spontan maupun terencana.

Untuk mencegah kejahatan dengan kekerasan di masyarakat, Ditreskrimum Polda Kalimantan Barat dan Satreskrim Polres jajaran berupaya dengan optimal melakukan pengungkapan kasus kejahatan dengan metode ilmiah.

Mulai dari melakukan Olah Tempat Kejadian perkara guna mengangkat sidik jari laten, analisa CCTV, merumuskan motof dan profil tersangka, hingga pada metode penangkapan yang dilakukan pada metode penangkapan yang dilakukan secara profesional dan procedural.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Polisi Didi Haroyono dalam keterangan pers di Mapolda Kalimantan Barat, Jumat (13/04) mengatakan, sepanjang bulan Januari hingga 13 April 2018, tercatat ada empat puluh satu laporan polisi.

“Dari jumlah tersebut 36 laporan berhasil diungkap Ditreskrimum Polda Kalimantan Barat dan Satreskrim Polres jajaran,” ungkap Kapolda Kalbar.

Sementara modus operandi yang dilakukan pelaku diantaranya, 18 kasus perampasan handphone yang sedang dipegang atau digunakan korban, 9 kasus perampasan tas saat korban sedang berkendara, 1 kasus perampokan dengan melukai korban di dalam rumah, 2 kasus penodongan dengan senjata tajam, dan 2 kasus perampasan sepeda motor.

Sehingga dari modus operandi yang terjadi, Kapolda Kalimantan Barat mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak menciptakan kesempatan kepada pelaku dengan cara menelpon sambil berkendara,  membawa tas jinjing yang mudah dirampas, maupun mengenakan perhiasan yang berlebihan.

“Masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri, agar terhindar dari tindak kejahatan yang setiap saat mengintai,” pintanya. (uun)