Stok BBM di Sanggau Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

oleh
Kepala Bidang ESDM Dinas PM-PTSP Kabupaten Sanggau, Zaenal. Foto : Indra

SANGGAU – Kepala Bidang ESDM Dinas PM-PTSP Kabupaten Sanggau, Zaenal memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Kabupaten Sanggau jelang bulan puasa ramadhan dan idul fitri 1439 Hijriyah masih aman.

“Untuk pasokan bahan bakar minyak sampai sekarang ini masih normal dan begitu juga jelang bulan ramadhan yang tidak lama lagi kita akan memasukinya,” kata Zaenal, Jumat (13/04/18).

Bukan sekedar retorika, guna memastikan ke ketersediaan stok, ESDM juga telah berkoordinasi dengan PT. Pertamina.

“Untuk BBM aman. Itu berdasarkan koordinasi yang kita lakukan dengan pihak Pertamina. Pertamina memasok ke SPBU sesuai permintaan dan kebutuhan dari berbagai jenis BBM,” kata Zaenal. Untuk data kebutuhan dan stok, sedang disiapkan oleh Pertamina untuk dilaporkan ke pihaknya.

“Sudah kita mintakan datanya dengan Pertamina dan SPBU,” ujarnya.

Zaenal menerangkan, saat ini di Kabupaten Sanggau sudah ada 12 penyalur (SPBU) yang telah beroperasi dan 2 SPBU yang tahap pembangunan. Untuk daerah yang belum ada penyalur, pihaknya telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk sub penyalur.

“Kami berharap harga jenis BBM tertentu (JBT) dan jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) di sub penyalur dan kios diharapkan ideal dan wajar dengan memperhitungkan ongkos angkut dan biaya bongkar muat serta margin yang wajar,” pesannya.

Kedepan, lanjut Dia, sesuai Perbup nomor 76 tahun 2017, ESDM akan mengatur harga  jenis BBM Solar dan Premium di tingkat sub penyalur.

“Ini untuk menyeragamkan harga. Jadi harapan saya tidak ada lagi sub penyalur yang menjual di atas Perbup,” pungkas dia.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Sanggau, Yulianto, SP meminta ESDM melakukan kontrol rutin terhadap ketersediaan BBM. Hal itu penting dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan distribusi.

“Koordinasi harus terus dilakukan. Dari koordianasi itu kita tahu daerah mana saja yang mengalami masalah, termasuk masalah distribusi,” kata dia.

Karena stok dan distribusi ini aman, Yulianto meminta masyarakat untuk tidak membeli BBM berlebihan.

“Kan sudah dipastikan aman oleh Dinas terkait. Jadi jangan khawatir, beli sesuai kebutuhan saja,” pesannya. (indra)