Wujud Manunggal TNI dan Warga, Bersama Memabangun Jalan Maupun Gorong-Gorong

oleh
TNI bersama warga Dusun Teloga, Desa Idas, Kecamatan Noyan bahu membahu membangun gorong-gorong. Foto : Indra

SANGGAU – Kebersamaan TNI dan Warga dalam program TMMD Reguler Perbatasan (Regras) ke-101 tahun 2018 kembali diaktualisasikan dalam bentuk gotong royong.

Bertempat di Dusun Teloga Desa Idas Kecamatan Noyan, Kamis (12/04/18) pagi, mereka bahu membahu mengerjakan peningkatan jalan dan membangun gotong-gorong.

Sebanyak 100 orang warga Dusun Teloga turun langsung membantu personel Satgas TMMD dalam melaksanakan tugasnya.

Warga Desa Idas Kecamatan Noyan, Antonius menyambut baik kegiatan tersebut.

Dikatakannya, TNI sudah membangun infrastruktur Dusun mereka dengan sangat baik.

“Maka dari itu kami tidak boleh hanya tinggal diam saja melihat bapak – bapak TNI yang sedang bekerja, kami harus turun juga untuk membantu meskipun dengan alat seadanya,” kata Antonius.

Ia berharap, apa yang sudah dibangun dan dikerjakan TNI bersama warga dapat dijaga dengan baik oleh, karena semua kepentingannya untuk masyarakat.

“Kami merasa apa yang dikerjakan oleh TNI selama TMMD ini sangat dirasakan manfaatnya bagi kami sebagai warga, semoga TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahun ini di kampung kami dapat berjalan sesuai dengan yang sudah dijadwalkan,” harap Antonius.

Sementara itu, Pasiter Kodim 1204/Sgu Kapten Inf Eko Prasetyo menyampaikan program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu 2018 merupakan wujud nyata menyatunya/manunggalnya TNI dan rakyat lewat semangat gotong-royong yang menyentuh langsung pada kehidupan masyarakat.

Program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahun ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, oleh karena itu dibutuhkan kesadaran dan partisipasi semua komponen bangsa untuk saling bahu-membahu membantu tugas negara dan pemerintah.

Dikatakan Kapten. Eko, TNI sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004 tentang TNI, menyebutkan dua pola operasi pokok TNI, yakni Operasi Militer untuk Perang  (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan seperti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TNI lahir dari rakyat dan dibesarkan oleh rakyat, artinya TNI harus berorentasi kepada kepentingan rakyat.

“Program TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sgu tahun ini hadir sebagai bukti cinta TNI kepada Rakyat,” pungkasnya. (indra)