Guru di Kapuas Tengah Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

oleh
Peserta kursus mahir dasar ke pramukaan di Kecamatan Kapuas Tengah. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Sebanyak 38 orang guru di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, belum lama tadi mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka di Dusun Tumbang Mamput, Desa Barunang, Kapuas Tengah.

Kegiatan kursus KMD itu dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Hj Deny Widanarni mewakili Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Rianova.

Dalam sambutannya  Denny mengajak seluruh peserta KMD agar berperan aktif dalam membentuk karakter anak dan pemuda Indonesia.

“Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,” katanya.

Deny pun mengharapkan guru yang telah mengikuti KMD dapat semakin meningkat kesukarelaannya sebagai pembina pramuka dalam membentuk karakter dan kecakapan hidup kader bangsa.

Terpisah, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kapuas Dr H Suwarno Muriyat selaku Pelatih Pembina Pramuka Kapuas menjelaskan, sebelumnya kursus KMD telah dilaksanakan di Kecamatan Timpah yang diikuti sebanyak 36 peserta. Nah, Setelah Kapuas Tengah, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Hulu.

“Semakin banyak guru atau masyarakat yang mengikuti pendidikan penjenjangan dalam kepramukaan berupa KMD, KML, KPD dan KPL maka kualitas dan kuantitas kepramukaan akan semakin meningkat sebagai pembina pramuka pembentuk sumber daya manusia pembangun bangsa dan Negara,” pungkas H Suwarno. (irs)