Polda Kalbar Amankan Sosis dan Daging Beku Asal Malaysia

oleh
Pelaku dan barang bukti sosis dan daging beku yang diamankan petugas. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar berhasil mengamankan  70 kotak berisi 32 sosis kemasan dan  10 kotak berisi 18 kilogram daging beku yang berasal dari Malaysia di pasar Flamboyan, Jalan Gajah Mada, Pontianak, Selasa (10/04/18) malam kemarin sekitar pukul 21.00 Wib.

Bahan makanan yang berasal dari Malaysia itu, diselundupkan dari wilayah perbatasan Entikong dengan menggunakan mobil Suzuki Carry dengan nomor polisi KB 1139 SC, dan rencananya akan diedarkan ke Pontianak.

Adapun kronologis penangkapan, berawal ketika tim patroli yang dipimpin langsung oleh Kanit 1 Subdit 1 Ditreskrimsus, AKP M. Sitorus mendapatkan informasi, adanya aktivitas bongkar muat yang mencurigakan di pasar Flamboyan, Jalan Gajah Mada, Pontianak.

Tim patroli kemudian meluncur ke lokasi, dan berhasil mengamankan pemilik barang, Abdul Muin (27), warga Desa Kapur, Kubu Raya serta barang bukti berupa sosis dan daging beku yang berasal dari Malaysia.

Hingga kini, pemilik barang beserta barang bukti sosis dan daging beku telah diamankan di Mapolda Kalbar.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Abdul Muin (27) dijerat dengan pasal 62 Jo pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen atau pasal 142 Jo pasàl 91 ayat 1 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dengan ancaman penjara 5 tahun dan denda sebesar Rp 2 Miliar. (**)