Panwaslu Sosialisasi Pemilu Partisipatif Melalui Video

oleh
Koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Kabupaten Sanggau, Ahmad Zaini. Foto : Indra

SANGGAU – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilukada 2018, berbagai upaya terus dilakukan Panwaslu Kabupaten Sanggau. Mulai dari seminar, dialog hingga yang paling inovatif yaitu menggunanakan media sosial.

Koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Kabupaten Sanggau, Ahmad Zaini menyampaikan, saat ini sudah ada empat video yang intinya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi pemilu dari tidak menggunakan politik uang, politisasi SARA, dan anti hoax.

“Di video kita yang ke empat, kita mengajak tim paslon untuk tidak menggunakan politik uang, politisasi SARA dan semacamnya yang berpotensi mengganggu jalannya proses Pilkada dan kamtibmas,” katanya, Rabu (11/04/18).

Video tersebut, lanjut Zaini merupakan karya Panwaslu Kecamatan dengan melibatkan elemen masyarakat setempat. Sasarannya masyarakat, tim sukses dan pasangan calon.

“Jadi masyarakat silakan melihat bagaimana videonya di youtube, kita saat ini juga sedang menyiapkan video tutorial pengisian pelaporan form A tentang pelaporan. Jadi di video itu dikasi tahu bagaimana jika membuat laporan jika masyarakat menemukan pelanggaran pemilu,” pungkasnya. (indra)