Zumi Zola Resmi Ditahan KPK

oleh
Gubernur Jambi, Zumi Zola menggunakan rompi orange resmi ditahan KPK. Foto : Istimewa

JAKARTA РUsai diperiksa selama beberapa jam, tersangka kasus suap dan penerima gratifikasi sejumlah proyek di Provinsi Jambi, Zumi Zola resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gubernur Jambi itu keluar dari kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senini (09/04/18) malam, sekitar pukul 18.50 WIB. Dia mengenakan rompi tahanan KPK berwarna orange.

Tak ada kata yang keluar dari mulutnya. Zumi Zola bungkam dan memilih langsung masuk ke dalam mobil tahanan KPK setelah menerobos awak media yang telah menunggu, untuk mengabadikannya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, Zumi ditahan demi kepentingan penyidikan.

“ZZ ditahan 20 hari pertama di Rutan KPK yang berada di gedung KPK lama,” kata Febri kepada awak media.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola dan Plt Kepala Dinas PUPR Jambi, Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor, yang diberikan sebagai uang untuk ketok palu kepada anggota DPRD Jambi.

Penasihat Hukum Zumi Zola, Handika Honggowongso memastikan kliennya akan kooperatif kepada KPK. Zumi juga pasrah apabila ditahan KPK.

“Kalau hari ini (klien kami) harus menjalani penahanan kami akan patuh,” kata Handika di kantor KPK, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

Handika juga berharap pemberkasan kasus Zumi Zola segera rampung, sehingga dapat diuji dipersidangan.

“Kami berharap semoga segera dilakukan pemberkasan sehingga bisa disidangkan,” ujarnya.