Bentuk Karakter Siswa, Satgas TMMD Ajarkan PBB ke Pelajar SMP

oleh

SANGGAU – Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler Perbatasan 101 Kodim 1204/Sgu memberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa SMP negeri 01 Desa Noyan, Kecamatan Noyan, Senin (09/04/18).

Tidak hanya latihan PBB, Satgas TMMD juga memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 100 pelajar. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian TMMD Regtas 101 Kodim 1204/Sgu tahun 2018 yang dipusatkan di Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau.

Dandim 1204/Sgu, Letkol. Inf. Heri Purwanto menyampaikan, latihan ini bertujuan untuk membentuk karakter para siswa-siswi agar lebih disiplin dan memupuk jiwa Nasionalisme. Kegiatan ini juga dikatakan Dandim sekaligus untuk membina para pelajar agar dapat mengenal kedisiplinan, loyalitas dan wawasan kebangsaan dengan baik sejak dini.

Dalam kegiatan ini, Sertu Yohanes dan Sertu Abdul Razak memberi materi teori dan praktek peraturan baris berbaris serta disiplin termasuk wawasan kebangsaan dan kedisiplinan kepada pelajar.

Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat para pelajar untuk melaksanakan latihan, kekompakan mereka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi.

Dikatakan Dandim, pelatihan ini untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya, sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran.

Tidak lupa pelajar SMP 01 Noyan diajarkan yel-yel supaya tetap semangat dan kompak selama melaksanakan latihan. (indra)