Program Prioritas Sutarmidji-Ria Norsan di Kalbar

oleh
calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut tiga, Sutarmidji-Ria Norsan. Foto : Istimewah

PONTIANAK – Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan memaparkan visi dan misi mereka dalam debat publik tahap pertama yang diselenggarakan KPU di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Sabtu (07/04/18) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarmidji menyebutkan jika visi dan misi yang diusungnya terfokus pada pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan peningkatan ekonomi.

Saat ini, ungkap Sutarmidji, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalbar berada di peringkat 29 dari 34 provinsi  yang ada di Indonesia.

Kondisi ini menurutnya sangat menghambat kemajuan yang ada di Kalimantan Barat. Bahkan, rata-rata angka lama belajar Kalbar juga baru sampai 7,2 tahun.

Angka kemiskinan di Kalbar merupakan yang tertinggi di Kalimantan, sehingga harus ada terobosan dibidang infrastruktur  untuk memudahkan akses bagi masyarakat di  pedalaman.

Tingginya angka kemiskinan di pedesaan adalah karena mayoritas para petani yang hasil pendapatan mereka tak sesuai dengan nilai ekonomis.

“Mempercepat pembangunan infrastruktur  jalan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi agar akses mobilitas lancar, sehingga para petani dapat dengan mudah  menjual hasil mereka,” ungkap Sutarmidji.

Sutarmidji secara khusus juga menyoroti posisi Kalbar yang saat ini berada dalam zona kuning pelayanan publik berdasarkan penilaian oleh Ombudsman  RI.

Untuk itu, apabila kelak terpilih sebagai gubernur,  pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan akan membuat pelayanan publik di Kalbar menjadi semakin baik.

Sutarmidji pun menyampaikan komitmennya dalam mendorong pemekaran  provinsi maupun kabupaten supaya akses dan pelayanan kepada masyarakat semakin dekat.

Sutarmidji juga akan mempercepat pembangunan rumah sakit 12 lantai yang ditujukan khusus untuk pengguna kartu BPJS  dan tanpa kelas, yaitu standar pelayanannya kelas satu semua.

Selain itu, peningkatan akses air bersih dan sanitasi juga menjadi salah satu program dalam visi dan sanitasi juga menjadi salah satu program dalam visi dan misi yang disampaikan Sutarmidji. (**)