Dua Nelayan Dievakuasi Tim SAR Gabungan di Perairan Sungai Pinyuh

oleh
Tim SAR berhasil mengevakuasi dua nelayan asal Kabupaten Mempawah dalam keadaan selamat. Foto : Istimewa

MEMPAWAH – Tim SAR Pontianak berhasil mengevakuasi dua nelayan, atas nama Zainudin (30), dan Mulyadi (34), yang terdampar di perairan laut lepas.

Kedua nelayan warga Sungai Kunyit dan Pinyuh, Kabupaten Mempawah ini, dievakuasi dalam keadaan selamat di wilayah perairan laut lepas di Sungai Pinyuh, Minggu (08/04/18).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pontianak, Hery Marantika menyebutkan, tim SAR mengevakuasi kedua nelayan itu dalam keadaan selamat, dengan dibantu oleh  Polres Mempawah, Polair Mempawah, nelayan setempat dan keluarga korban.

“Pencarian tim SAR sendiri terdiri dari tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak,” ujar.

Ia menjelaskan, dari keterangan korban diketahui kapal yang mereka tumpangi tenggelam di sekitar laut Sungai Pinyuh akibat kebocoran pada palka kapal.

“Korban sedang berpegangan pada fiber penampungan ikan hingga ditemukan tim SAR gabungan,” ujarnya.

Korban, dilaporkan turun melaut, Jumat (06/04/18) sekitar pukul 16.00 WIB lalu, namun hingga, Sabtu (07/04/18) malam pukul 22.05 WIB, kedua nelayan tersebut belum juga kembali.

“Sehingga ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sungai Pinyuh, Rafillin melaporkan kejadian tersebut, kepada kami,” ungkapnya.

Sehingga, satu tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak dengan peralatan evakuasi dikerahkan untuk mencari kedua korban, dan berhasil menemukan kedua nelayan itu dalam keadaan selamat. (**)