Dinas Pertanian Kapuas Akan Kembangkan Tanaman Jagung

oleh
Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kapuas, Jarwadi. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian selain mengembangkan tanaman padi, pada tahun 2018 ini juga akan mengembangkan tanaman jagung di daerah setempat.

Tanaman jagung yang akan dikembangkan ini adalah untuk Perluasan Areal Tanaman Baru (PATB).

Namun untuk merealisasikan tanaman ini sedikit kendala bagi Dinas Pertanian karena lahan kering di Kapuas sebagain besar sudah dikuasai perusahaan besar swasta untuk perkebunan kelapa sawit.

“Kalau ditempatkan kita (Kapuas) agak berat sekali, karena kita ketahui untuk lahan kering sudah sebagian besar adalah dimanfaatkan atau dikuasi oleh PBS bidang perkebunan kelapa sawit,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kapuas, Jarwadi, di Kuala Kapuas, belum lama ini

“Sehingga kita tidak bisa maksimalkan, padahal alokasinya cukup besar yaitu 85 hektar target yang sudah masuk dianggarkan, sedangkan data CPCL yang masuk baru 200 hektar. Kami terus terang saja tidak bisa memaksakan kemampuan kita,” katanya lagi.

Jarwadi menambahkan, bahwa kemampuan untuk mengembangkan tanaman jagung ini belum ada dengan kondisi lahan kering yang sudah banyak beralih ke perkebunan kelapa sawit. (irs)